Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat, Ada Batas Aman Diameter saat Ganti Pelek Mobil!

Irsyaad Wijaya - Jumat, 2 Februari 2018 | 17:06 WIB
ubahan hanya pada pelek namun kaki-kaki tetap dipertahankan standar
Aditya Pradifta
ubahan hanya pada pelek namun kaki-kaki tetap dipertahankan standar

Otomania.com - Salah satu modifikasi simpel yang bisa dilakukan pemilik mobil adalah mengganti pelek tipe racing. Tetapi banyak pemilik yang tak mengindahkan aturan atau batasan saat mengganti pelek.

Sebenarnya diperbolehkan mengganti pelek dengan produk aftermarket yang punya diameter atau ring lebih besar tapi dengan patokan atau syarat maksimum hanya naik 2 inci dari versi standar.

Alasan di balik batasan tersebut demi menjaga as dan bearing as roda tetap awet. Ketika pelek melebihi ukuran standar, otomatis kerja putaran as roda menjadi berat dan juga beban yang ditanggung bearing yang menahan as roda juga tinggi.

(BACA JUGA: Penting! Perhatikan Hal Berikut Saat Ganti Pelek Mobil)

Ini sudah menjadi rumus dasar semua mekanik yang ada di Indonesia. Selain masalah tersebut, masih ada alasan mendasar lain, yaitu segi keselamatan.

Pelek yang berukuran lebih besar dipastikan punya langkah yang lebih cepat dan jauh. Putaran itu tak akan bisa terkontrol oleh sistem pengereman yang dirancang untuk ukuran di bawah diameter pelek aftermarket tadi.

Segi keselamatan lainnya, menjaga kondisi ban agar tetap awet. Karena jika ganti pelek yang diameter lebih besar dari aturan 2 inci, saat suspensi berayun, ban pasti mentok ke fender.

Pelek Volk Rays CE28 Great Corolla
Pelek Volk Rays CE28 Great Corolla
Selain itu juga menjaga tampilan mobil agar tetap rapi, karena umumnya pelek yang berdiameter besar dari aturan, punya offset dari bodi yang menonjol. "Dalam penggantian juga penting memperhatikan offset pelek," tutur Yopi Karuci, Pemilik SM MotorSport, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Sebagai contoh, jika mobil Anda berukuran pelek bawaan pabrik ring 15, maka untuk penggantian pelek aftermarket hanya bisa dipilih antara ring 16 atau maksimal ring 17.

Informasi sedikit, offset pelek merupakan ukuran seberapa menonjol sebuah pelek yang diukur dari tengah pelek untuk ke dalam dan keluar. Offset tadi juga bisa dilihat dari angka yang tertera pada bagian dalam pelek.

(BACA JUGA: Tren Pelek Kaleng OEM Pemanis SUV)

Semakin kecil angka, maka penampang tengah pelek makin celong ke dalam dan bibir pelek lebar. Namun, jika offset pelek tidak sesuai atau terlalu kecil, mengatasinya agar tak mentok dengan sokbreker perlu pemasangan sebuah spacer.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa