Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Calo, Inden Online untuk XMAX DIhapus Yamaha

Fedrick Wahyu - Kamis, 1 Februari 2018 | 07:05 WIB
Yamaha XMAX
YIMM
Yamaha XMAX

Otomania.com - Salah satu skutik bongsor milik Yamaha, yakni XMAX, tidak akan bisa dibeli secara online lagi. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan memasok motor ini langsung ke diler mulai Januari tahun ini.

Sebelumnya, cara beli online ini diterapkan YIMM sejak 2014 untuk Yamaha R15. Metode online ini diklaim mampu mengatur antrean inden dan YIMM bisa menyesuaikan produk sesuai permintaan.

Meski begitu, sistem inden online juga memiliki kelemahan. Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM mengatakan, inden online XMAX tidak semuanya bisa hadir di tangan konsumen.

Sebab disinyalir ada oknum calo yang ikut memesan dan menjual lagi dengan harga lebih tinggi. Dengan begitu para konsumen XMAX akan dirugikan.

(BACA JUGA: Yamaha XMAX Warna Ini Eksklusif Hanya untuk Indonesia)

“Jadi Januari sempat kami sebar ke diler, karena kan ada juga konsumen yang mau beli tapi malas inden. Jadi itulah yang dimanfaatkan oknum,” jelas Eddy.

Pada awal tahun 2018 ini YIMM sudah memproduksi 1.000 unit Yamaha XMAX dan 400 unit sudah dikirim ke dealer seluruh Indonesia. 600 unit sisanya akan dipasarkan secara online.

“Memang sedikit, tahun lalu kami sempat produksi naik ke 1.300 – 1.400 unit. Tahun ini kami mulai dulu 1.000 unit se-Indonesia. Kami belum bisa prediksi karena ini kan segmen baru,” ucap Eddy.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa