Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Perawatan SUV Pesaing Fortuner dan Pajero Sport dari Isuzu

Irsyaad Wijaya - Rabu, 24 Januari 2018 | 17:22 WIB
Isuzu Mu-X
tribunnews.com
Isuzu Mu-X

Otomania.com – Mobil yang rutin dicek dan dirawat biasanya lebih awet dan terhindar dari masalah ketika digunakan bepergian. Hal itu dibenarkan Parlin Manurung, Branch Manager Isuzu Astra Biz Centre BSD, Tangerang yang mengatakan perlunya perawatan rutin, terlebih untuk mesin diesel.

Jika Anda salah satu pemilik mobil diesel dari produk Isuzu, berikut ini adalah data servis berkala khususnya Isuzu MU-X mulai kilometer 10.000 - 100.000 di bengkel resmi.

Pada kilometer 10.000 pertama, pihak bengkel menyarankan untuk mengganti oli mesin, filter oli, filter solar, pre fuel filter, dan differential oil dengan estimasi biaya sekitar Rp 1.388.500 juta.

(BACA JUGA: Biaya Servis Mobil Polisi di Negara Ini Sampai Miliaran Rupiah)

Berjalan di 20.000 km belum ada part yang diganti secara berarti masih hampir sama saat di kilometer 10.000 yaitu oli mesin, filter oli, filter solar, pre fuel filter. Biaya yang dikeluarkan lebih murah dari sebelumnya yakni Rp 1.231.000.

Ketika di kilometer 30.000, sudah mulai ada penggantian yaitu oli mesin, filter oli, filter solar, pre fuel filter, filter evaporator, seal oil, wheel bearing grease. Mulai terasa disini biaya yang harus dirogoh Rp 2.140.450.

Saat mencapai 40.000 Km, mulai bertambah lagi part yang diganti mulai dari oli mesin, filter oli, filter solar, pre fuel filter, filter udara, seal oil, belt cooling fan, oli transmisi, differential oil, minyak rem, cooling system coolant, power steering & clutch fluid. pada kilometer ini puncak termahal penggantian biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 5.872.601.

Nah, pada kilometer 50.000 spare part yang diganti mulai berkurang dari sebelumnya, hanya oli mesin, filter oli, filter solar, pre fuel filter dengan biaya Rp 1,6 juta.

(BACA JUGA: Layanan Servis di Bengkel Indonesia Belum Maksimal)

Selanjutnya interval 60.000 Km menurut pedoman diganti dari oli mesin, filter oli, filter solar, pre fuel filter, filter evaporator, seal oil dan wheel bearing grease biaya yang dicomot dari dompet naik lagi sebesar Rp 2,9 juta.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa