Mobil Dinas Terakhir Sang Proklamator, Cadillac Fleetwood 75 Limousine

Irsyaad Wijaya - Selasa, 23 Januari 2018 | 07:25 WIB
Cadillac Fleetwood 75 Limousine mobil dinas terakhir Presiden Soekarno
kompas.com
Cadillac Fleetwood 75 Limousine mobil dinas terakhir Presiden Soekarno

Otomania.com - Mobil dinas kepresiden biasanya dipilih jenis mewah dan ekslusif. Seperti yang didapatkan Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Mobil tersebut terbilang sangat langka dan sangat klasik untuk zaman sekarang, yaitu Cadillac Fleetwood 75 Limousine. Saat ini mobil tersebut sudah berpindah tangan ke salah seorang kolektor bersifat milik pribadi.

Dia adalah Jimmy, salah satu anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Bisa dibilang Jimmy adalah kolektor mobil antik yang sudah malang melintang di Tanah Air.

Beruntung saat acara kumpul bareng mobil antik yang diprakarsai PPMKI di Kebun Raya Bogor, Minggu (21/01/2018), Jimmy hadir dan membawa salah satu koleksi paling legendarisnya itu.

Tak diragukan, Cadillac Fleetwood 75 Limousine itu menyedot banyak mata yang turut hadir dalam acara itu.

(BACA JUGA: Mobil Klasik Kesayangan Jangan Cuma Jadi Pajangan)

Banyak para anggota PPMKI dan masyarakat umum yang berfoto selfie didepan mobil yang punya sejarah panjang itu. Karena memang mobil itu paling terlihat berbeda dari puluhan mobil antik lainnya.

panjang mobil ini sekitar 6 meter
kompas.com
panjang mobil ini sekitar 6 meter

Punya whelbase panjang sekitar 6 Meter, dengan bentuk yang unik dan langka untuk ukuran di Indonesia. Ketika melihat bentuk luarnya berciri khas sekali dengan mobil-mobil keluaran Amerika yang kebanyak bersudut lancip di setiap lekukan bodinya.

Saat melihat kedalam aura klasiknya sagat terpancar dari model jok panjang dan jahitannya yang bermotif lurus. Selain itu dasbornya masih terlihat rapih dengan sentuhan aksen krom dibeberapa bagian.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa