Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tambah Ilmu, Ini Makna Kode DOT pada Minyak Rem

Fedrick Wahyu - Selasa, 16 Januari 2018 | 08:40 WIB
Pilihan minyak rem
Fadhliansyah
Pilihan minyak rem

Otomania.com - Kalau diperhatikan, pada botol kemasan minyak rem, biasanya tertulis kode DOT 3, 4 dan 5. Apa sih artinya? Otomania coba membeberkan secara garis besarnya.

Kepanjangan dari DOT adalah Department Of Transportation. Tentunya mengacu pada Department of Transportation di Amerika Serikat. Lembaga ini mengetes berbagai hal mengenai transportasi, salah satunya standar minyak rem.

Lalu angka setelah DOT menjelaskan perbedaan titik didik atau boiling point. Titik didih pun terbagi menjadi dua yaitu dry boiling point yang berarti ketika minyak rem masih baru atau belum tercampur dengan air.

(BACA JUGA: Coba Tebak, Lebih Aman Rem Pakai 2 atau 4 Jari?)

Sedangkan wet boiling point yang maksudnya minyak rem sudah dalam kondisi tertentu atau sudah sedikit tercampur dengan air.

Jadi misal minyak rem dengan kode DOT 3, maka minimal dry boiling point-nya adalah 205 derajat celsius dan wet boiling point-nya 140 derajat celcius.

Lalu yang tertinggi yaitu DOT 5.1 minimal dry boiling point-nya adalah 260 derajat celsius dan wet boiling point-nya 180 derajat celcius.

Tapi, buat kendaraan roda dua menggunakan minyak rem DOT 3 saja sudah cukup. Selain harga lebih murah, suhu panas yang muncul saat mengerem masih bisa ditahan. 

(BACA JUGA: Ini Resiko Abaikan Kondisi Kampas Rem Yang Mulai Tipis)

Untuk batas waktu pemakaian rata-rata hampir sama yaitu diganti setiap 20.000 km. Meski begitu, kalau belum waktunya ganti tapi sudah terlihat berkurang atau warnanya berubah, sebaiknya ditambah atau ganti baru.

Cara mendeteksinya jika minyak rem berkurang mudah banget, tonggal lihat dari kaca di master rem.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa