Kolaborasi Daihatsu dan Toyota Ciptakan Mobil Compact Murah

Irsyaad Wijaya - Senin, 15 Januari 2018 | 11:15 WIB
Toyota dan Daihatsu sedang rancang proyek ECCC
autoevolution.com
Toyota dan Daihatsu sedang rancang proyek ECCC

Otomania.com – Daihatsu memiliki segudang insinyur cerdas dalam mendesain dan merancang kendaraan roda empat. Bekerjasama dengan Toyota sejak lama, merek ini sedang merencanakan proyek Emerging-market Compact Car Company (ECCC).

Sebuah proyek yang menyasar negara berkembang dengan memberikan mobil kompak namun harga murah, benar-benar sedang menjadi fokus saat ini.

Mengonfirmasi soal rencana itu Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa proyek sudah berjalan satu tahun sejak Januari 2017 lalu, tapi tetap memperhatikan pasar yang akan dibidik.

“Jadi proyeknya sudah jalan dan sedang merancang produk ECCC, karena kami disuruh membuat dahulu. Semuanya dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan negara masing-masing (produknya juga beragam),” ucap Amelia, Kamis (11/1/2018).

Amelia juga menuturkan mengenai peran Daihatsu di proyek ini sebagai ahli desain dan konsepnya, sekaligus memperhatikan market negara.

“Perannya Daihatsu di ECCC itu mendesain, kemudian merancang mobilnya sampai production preparation. Nanti akan kolaborasi juga dengan Indonesia dan semua jaringan Daihatsu, di mana produksi tidak hanya di sini tergantung kebutuhan,” tutur Amel.

(BACA JUGA: Konsep LF-SA, Masa Depan Mobil Kompak Lexus)

Proyek ECCC ini hanya membangun mobil dalam kategori A, yaitu dengan spesifikasi mesin di bawah 1.200cc. Dengan begitu, selain city car, genre lain pun mungkin akan bisa masuk juga seperti kelas sedan, MPV dan SUV.

Kabarnya Indonesia bakal berkesempatan jadi tempat survei pasar sekaligus tempat produksinya. Hal itu juga dikatakan oleh Presiden Daihatsu Motor (DMC) Soichiro Okudaira, bahwa Indonesia bakal menjadi basis ECCC. Dirinya menyebut kalau ADM sedang mengembangkan platform model baru, berkolaborasi dengan Jepang.

Daihatsu FX concept
carspiritpk.com
Daihatsu FX concept


Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa