Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu Siapkan Mobil Bertransmisi Matik CVT di Indonesia

Irsyaad Wijaya - Jumat, 12 Januari 2018 | 10:39 WIB
Ilustrasi Mtik CVT Daihatsu
Daihatsu Bandung
Ilustrasi Mtik CVT Daihatsu

Otomania.com – Teknologi transmisi otomatis Continuous Variable Transmission (CVT) makin jadi tren karena respons baik dan perpindahan gigi yang halus. Kabarnya, Daihatsu bakal mengadopsi jenis transmisi ini untuk produk barunya di Tanah Air.

Merek di bawah naungan Toyota itu sejak pertama kali memunculkan mobil yang bertransmisi matik di Indonesia, selalu menggunakan jenis matik konvensional. Pemakaian CVT akan menaikkan derajat merek.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menyatakan adanya alasan tersendiri, mengapa pihaknya belum mengimplementasikan jenis transmisi tersebut di Indonesia.

Dirinya menyebut kalau teknologi itu masih cukup mahal untuk dipasarkan di dalam negeri, walaupun ke depannya bukan tidak mungkin bisa dihadirkan.

(BACA JUGA: Beda Sistem Kerja Mobil Matik Konvensional dan CVT)

“Kami juga ada nanti (di Indonesia), kalau di Jepang semua pakai CVT. Namun, jika ingin diterapkan untuk pasar di Indonesia harganya bagaimana? Cukup tidak? Kemudian dari sisi kompetisi bagaimana?” ujar Amelia, Kamis (11/1/2018).

Rendering Daihatsu Sirion
Rendering Daihatsu Sirion

Lalu, jika akan diterapkan, model apa yang pertama kali menyadangnya? Sirion terbaru Amelia masih malu-malu mengungkapnya. City car terbaru Daihatsu ini rencananya bakal meluncur bulan depan di Tanah Air.

Audi Tarantini, EC Advantage Stage Evaluation Department, Test and Validation Division (R&D) ADM juga mengatakan, kalau penggunaan transmisi CVT ke depannya bukan tidak mungkin akan dilakukan. Apalagi kalau kompetitor sudah melakukannya.

(BACA JUGA: Ertiga Baru Tes Jalan, Toyota dan Honda Tak Banyak Komentar)

“Dari segi cost lebih efisien yang konsvensional, tapi untuk near future dengan perkembangan teknologi kompetitor yang kami perhatikan, jadi ada kemungkinan kesempatan untuk menggunakan CVT,” ujar Audi.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa