Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Sistem Kerja Mobil Matik Konvensional dan CVT

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 6 Januari 2018 | 09:30 WIB
Tuas perseneling pada mobil matik
Autobild.co.id
Tuas perseneling pada mobil matik

Otomania.com - Sering kita dengar, atau membaca banyak literatur yang menyebutkan transmisi otomatis pada mobil dengan tipe konvensional, atau continous variable transmission (CVT). Apa bedanya?

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian menjelaskan bahwa perbedaan sistem antara matik konvensional dan CVT secara keseluruhan adalah dari komponen yang terdapat di dalamnya.

Pada matik konvensional, perpindahan transmisi digerakan oleh seperangkat planetary gear set yang menghasilkan rasio gigi berbeda-beda. Sebab itulah matik jenis ini lebih terkenal kasar ada hentakan saat perpindahan gigi.

Namun pada jenis CVT, proses perpindahan transmisi dihasilkan oleh perubahan diameter pully karena gaya centrifugal. CVT digerakan oleh dua buah pully yang terhubung oleh sabuk baja atau belt.

Menurut Deni, keberadaan sabuk baja ini yang membuat akselerasi pada matic CVT terasa halus dan tanpa hentakan.

(BACA JUGA: Posisi Transmisi yang Benar Saat Pakai Mobil Matik)

"Pada CVT, belt-nya ini pada putaran tertentu dapat membuat diameter pully membesar atau mengecil hingga tenaga yang dihasilkan juga jadi lebih besar atau kecil," kata Deni, Rabu (3/1/2018).

Ditambahkannya, pada matik konvensional, perangkat planetary gear set sangat bergantung pada kinerja oli. Sehingga seluruh perangkat ini harus dilumasi oleh oli. dan kapasitas oli tak boleh kurang dari batas yang ada di penunjuk minimum.

"Kalau matik yang lama murni main tekanan minyak. Pada CVT juga minyak, cuma ada belt baja yang merupakan media untuk menaikan atau mengurangi momen gerak," kata Deni.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa