Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisakah Melakukan Engine Brake Pakai Mobil Matik?

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 6 Januari 2018 | 11:30 WIB
transmisi matik
transmisi matik

Otomania.comEngine brake merupakan kejadian alami pada mesin yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi kecepatan kendaraan. Hal itu bisa didapat jika dilakukan dengan benar.

Menggunakan engine brake bisa saja dilakukan dalam situasi tertentu. Contohnya ketika melewati jalur turunan curam, mobil cukup dilajukan pakai gigi dua dan lepas gas. Hal yang bisa dirasakan yaitu ketika mobil sudah terasa tertahan.

Tehnik ini umumnya lebih sering dikenal pada mobil bertransmisi manual, biasanya dilakukan dengan cara menurunkan gigi tinggi langsung ke gigi rendah. Namun, ini pun harus dilakukan beraturan.

Contohnya dari gigi empat harus ketiga baru kedua, tidak boleh lompat langsung kedua. Pertanyaannya, bisakah mobil transmisi matik melakukan engine brake?

(BACA JUGA: Begini Cara yang Aman Gunakan Engine Brake)

Deni Andrian, Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok banyak pengguna mobil matik yang memilih langsung melakukan pengereman mendadak saat mesin dalam putaran tinggi. Padahal, cara ini dinilai kurang tepat.

"Misalnya kalau dalam kecepatan 60-100 kilometer per jam, tiba-tiba di depan ada yang nyeberang. Banyak yang posisi tuas tetap di D, tapi direm. Cara ini kurang tepat," kata Den, Rabu (3/1/2018).

Dia menambahkan, saat tengah berkendara dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba harus menurunkan kecepatan, sebaiknya pengguna mobil matik langsung menaikan posisi transmisi dari D ke 2 (atau satu gigi di bawah D). Dengan demikian, kecepatan mobil akan langsung berkurang tanpa harus mengerem.

"Banyak orang yang belum tahu itu. Atau dia tahu, tapi takut mobilnya rusak," ucap Deni.

Engine brake bila dilakukan secara benar tidak menimbulkan kerusakan mesin. Lakukan penurunan gigi secara bertahap, jangan langsung loncat ke level transmisi paling rendah. Bila pada mobil matik, umumnya level D, turun ke level 2 baru ke Low (L).

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa