Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menteri Perhubungan Minta Bus Tak Layak Jalan Dikandangkan

Fedrick Wahyu - Minggu, 31 Desember 2017 | 16:34 WIB
Ilustrasi bus wisata
Facebook / Ari Azka Maula Wibowo
Ilustrasi bus wisata

Otomania.com - Sebanyak 30 persen bus dan truk pada angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini, dinyatakan tidak layak jalan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pun menyatakan bahwa kendaraan-kendaraan yang tidak lain jalan tersebut dilarang untuk beroperasi.

“Kita sudah wanti-wanti kepada operator, jika kendaraan tidak laik tidak boleh beroperasi, kita minta petugas untuk selalu menjaga,” kata Budi Karya melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (31/12) seperti dikutip dari GridOto.com.

Hal itu ia temukan saat melakukan ramp check di Muntilan KM 22 ruas jalan Yogyakarta-Magelang, Sabtu kemarin (30/12). Dalam kegiatannya Menhub menemukan bus pariwisata yang mengangkut wisatawan asal Thailand tidak layak jalan.

(BACA JUGA: Banyak Pelupa, Cek Saldo E-Toll Agar Liburan Tetap Lancar)

“Turis dari Thailand kita pindahkan dengan bus yang kita sediakan. Bus yang tidak laiknya kita kandangkan. Artinya ada hal-hal yang abai yang dilakukan oleh sebagian dari operator dan pelaku transportasi itu,” ujar Budi.

Ia meminta Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk mengawasi bus pariwisata.

“Saya minta kepada Kadishub Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur melakukan razia di tempat-tempat wisata yang tempatnya menanjak. Seperti di Puncak Bogor, Lembang Bandung, Batu Raden dan lain sebagainya. Kita tidak ingin ada kecelakaan di mana saudara-saudara kita yang liburan itu ingin senang-senang tapi malah fatal,” tutup Budi.

Editor : Anton Hari Wirawan
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa