Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Pelupa, Cek Saldo E-Toll Agar Liburan Tetap Lancar

Irsyaad Wijaya - Minggu, 31 Desember 2017 | 12:43 WIB
Kartu e-Toll. Transaksi Tol Non Tunai
Salim/otomotifnet
Kartu e-Toll. Transaksi Tol Non Tunai

Otomania.com - Kini 91 persen ruas jalan tol di Indonesia sudah menerapkan sistem pembayaran elektronik. Penerapan ini untuk mencapai target multi line free flow alias proses pembayaran tol tanpa henti, demi mengurangi angka kemacetan.

Menghadapi musim liburan ini, PT Jasa Marga mengimbau agar pengguna mobil pribadi mengecek kembali saldo kartu tol maupun uang elektronik sebelum memulai perjalanan, agar lancar perjalanan yang dilalui.

"Selain memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi, selalu pastikan pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik," tutur AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru, Sabtu (30/12/2017).

Dwimawan menambahkan, pentingnya memastikan saldo E-toll tercukupi untuk kelancaran perjalanan. Jangan sampai terjadi pengguna kendaraan sudah mengantre lama dan panjang, namun mengalami masalah tidak bisa membayar tol saat sudah berada di gerbang tol akibat kehabisan saldo kartu.

(BACA JUGA: Perhatikan Ini Jika Ingin Menyalip Di Jalanan Menanjak & Pegunungan)

Adapun elektronifikasi jalan tol ini diatur dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 16/PRT/M/2017 tanggal 12 September 2017 tentang Transaksi Tol Non tunai di Jalan Tol.

Momen Menjelang pergantian tahun baru seperti sekarang, potensi antrean panjang di gerbang tol sangat besar. Dwimawan memberitahukan meningkatnya volume kendaraan yang melintas di gerbang tol Cikarang Utama pada Jumat (29/12/2017).

Pada tanggal tersebut, Jasa Marga mencatat ada 87.000 kendaraan yang melintas di gerbang tol Cikarang Utama. Jumlah tersebut meningkat 12,5 persen dibanding hari normal.

"Peningkatan ini bahkan lebih tinggi dari prediksi sebelumnya sebanyak 86.000 kendaraan," ucap Dwimawan.

(BACA JUGA: Kecepatan dan Jarak Aman yang Ideal Saat Mobil Melaju)

Selain memastikan tercukupnya saldo, Jasa Marga juga mengimbau pengguna kendaraan untuk rajin mengecek informasi melalui akun media sosial resmi Jasa Marga, baik di Instagram dan Twitter, Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications, dan website http://www.jasamarga.com.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa