Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemudik Siapkan Kartu e-toll Biar Tidak Ribet

Febri Ardani Saragih - Minggu, 18 Juni 2017 | 14:05 WIB
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik
(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com)
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

Mojokerto, Otomania.com – Entah mengapa sampai sekarang masih banyak sekali masyarakat yang bertahan membayar akses jalan tol secara tunai. Padahal, saat ini sudah tersedia kartu e-toll yang sudah jelas tidak bikin ribet.

Membayar secara tunai di gerbang pintu tol membutuhkan waktu sekitar 8 detik. Selama itu dibutuhkan untuk mobil berhenti di gerbang tol, pengemudi menyerahkan uang, lalu petugas menyerahkan kembalian dan karcis atau tanda bukti pembayaran.

Lamanya transaksi tunai di gerbang tol merupakan kerap jadi alasan utama terjadi kemacetan di akses keluar jalan tol.

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama
(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com)
Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama
Pembayaran e-toll jauh lebih cepat sebab dilakukan di Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang terpisah dari transaksi pembayaran tunai dan cuma butuh 2-3 detik. Mekanismenya, pengemudi berhenti di GTO, lalu menempelkan kartu e-toll di tempat yang sudah disediakan, begitu terekam maka karcis akan keluar dan pintu palang terbuka, pengemudi bisa melanjutkan perjalanan.

“Memang membayar tunai itu masih jadi budaya di masyarakat kita, padahal e-toll bisa bikin kita tidak perlu antre terlalu lama,” kata Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya, David Wijayatno, saat ditemui tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com, Sabtu (17/6/2017).

Keunggulan utama pemakaian e-toll yaitu akses cepat sebab dilakukan manual. Buat para pemudik yang ingin berkendara jauh menggunakan jalan tol, kartu e-toll sangat disarankan untuk digunakan.

Diskon

Khusus buat pengguna e-toll ada diskon khusus sebesar 20 persen pada H-3 hingga H+2 Hari Raya Lebaran atau pada 22-26 Juni 2017 dan pada H+4 hingga H+6 atau pada 30 Juni hingga 2 Juli 2017. Diskon ini hanya berlaku di ruas tol Jasa Marga dan kelompok usahanya. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa