Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Jalur Alternatif Menuju Puncak Bogor. Ingat, Besok Jalur Ditutup

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 30 Desember 2017 | 16:05 WIB
Ilustrasi jalan menuju Puncak, Bogor
Tribunnews
Ilustrasi jalan menuju Puncak, Bogor

Otomania.com - Datangnya musim liburan panjang akhir tahun ini membuat beberapa ruas jalan dipadati kendaraan. Tak terkecuali jalanan menuju tempat wisata, semua masyarakat ingin menikmati perpindahan tahun 2017 ke 2018 bersama keluarga.

Seperti biasanya warga Jakarta yang ingin berlibur menikmati akhir tahun, salah satu destinasi pilihannya berlibur ke Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Namun dari postingan instagram @ntmc_polri memberitahukan bahwa mulai 31 Desember pukul 18.00 WIB, jalur menuju puncak, Bogor, akan ditutup selama 12 jam dan akan dibuka kembali keesokan harinya pada 1 Januari 2018 tepat pukul 06.00 WIB.

 

A post shared by NTMC POLRI (@ntmc_polri) on

Meski jalur ditutup, alternatif tetap diberikan oleh Satlantas Polres Bogor, yaitu via Jonggol atau Sukabumi.

“Jadi diharapkan untuk menyesuaikan waktu bagi kendaraan yang ingin melintas nanti,” ucap Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama seperti dikutip dari KompasOtomotif, Jumat (29/12/2017) malam.

(BACA JUGA: Ada Pelajaran Berharga di Balik Mobil yang Terjun ke Sungai Ini)

Masyarakat yang memilih lewat Jonggol rute yang ditempuh diantaranya lewat Cibubur, Jonggol, Cariu, Cikalongkulon, dan Cianjur (begitu juga sebaliknya). Jarak tempuh via Jonggol sekitar 111 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 34 menit.

Lalu jika memilih via Sukabumi rute yang ditempuh dari Ciawai, Cicurug, Cibadak, Sukabumi, dan Warung Kondang. jarak dan waktu yang ditempuh jika Lewat Sukabumi lebih jauh lagi, yaitu 142 km dengan lama perjalanan kurang lebih 4 jam 41 menit.

“Estimasi itu dalam kondisi jalan normal. Dipastikan normal karena tidak ada angkutan barang seperti truk dan sejenisnya pada saat itu, karena kami larang. Sebaiknya gunakan jalan itu kalau mau ke arah Puncak atau sebaliknya,” kata Hasby.

Puncak Arus Malam Tahun Baru 2018

Menurut Hasby, diperkirakan terjadi peningkatan volume kendaraan dimulai Sabtu 30 dan Minggu 31 Desember 2017. Oleh sebab itu, pintar-pintar mengatur waktu bagi yang ingin ke daerah tersebut. Agar tak kecewa jika berniat berliur tetapi malah menghabiskan waktu di jalan karena terjebak macet.

(BACA JUGA: Vespa Super Unik, Jalannya Mundur)

“Jangan sampai terjebak, nanti mau merayakan malam pergantian tahun malah terjebak macet atau berhenti karena jalan ditutup. Kita sudah menghimbau dari beberapa hari lalu, semoga tidak ada yang terjebak nantinya,” kata dia.

Nah udah tau kan sekarang, silahkan diatur waktunya dulu ya jika ingin berlibur ke puncak.

Editor : Anton Hari Wirawan
Sumber : Instagram.com/kyteurope

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa