Kendaraan Khusus Anjing Pelacak BNN, Harus Ber-AC

Irsyaad Wijaya - Senin, 25 Desember 2017 | 19:00 WIB
Bus khusus BNN untuk unit K9
Tribunnews.com
Bus khusus BNN untuk unit K9

Otomania.com - Umumnya bus yang mewah diperuntukan untuk travel atau pariwisata. Lain hal dengan salah salah satu instansi penegak hukum di Indonesia ini. Badan Narkotika Nasional (BNN) mempunyai bus khusus untuk unit K9 atau anjing pelacak.

Badan yang bertugas memberantas peredaran Narkoba di Indonesia itu menyiapkan bus khusus unit K9. Stauan ini bertugas untuk memfungsikan anjing pelacak di instansi Polri namun juga diberikan tugas khusus di BNN.

Anjing-anjing ini ditugaskan untuk mengendus dan mencari indikasi narkoba yang disembunyikan di tempat yang tak bisa dilihat dengan mata.

Lalu, kenapa harus ada kendaraan pribadi buat anjing? Anjing unit K9 narkoba ini didatangkan dari Negri Belanda, yang notabene bersuhu dingin. Sebab itulah, kandang sementaranya pun harus bersuhu dingin saat di Indonesia.

(BACA JUGA: Melanggar Aturan, Mobil Presiden Berurusan dengan Polisi)

BNN menyiapkan kendaraan khusus untuk mengangkut anjing-anjing tersebut. Salah satunya sebuah bus ukuran medium yang kabinnya didesain karoseri lengkap dengan kandang mobile dan pendingin.

Interior didesain dengan kandang mobile khusus anjing pelacak
Tribunnews.com
Interior didesain dengan kandang mobile khusus anjing pelacak

Pendingin bus tersebut menggunakan dua unit AC split atau AC ruangan dengan kompresor yang ditempatkan di bagian paling belakang. Kabin bagian depan dan tengah (dua pertiga bagian depan) dirancang sebagai kabin biasa yang dilengkapi jok untuk tempat duduk petugas BNN.

Selain bus yang didesain khusus mengangkut anjing pelacak narkoba, BNN juga memiliki kendaraan khusus berwujud mobil SUV yang juga dirancang untuk anjing-anjing ini.

Mobil SUV yang juga khusus untuk anjing pelacak
Tribunnews.com
Mobil SUV yang juga khusus untuk anjing pelacak

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X