Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas! Selang Hawa Bisa Jadi "Sumber Penyakit" Motor Matik

Fedrick Wahyu - Senin, 25 Desember 2017 | 18:00 WIB
Slang hawa ini ada di CVT
Ryan
Slang hawa ini ada di CVT

Otomania.com - Penerus daya mesin pada motor matik menggunakan perbandingan gigi yang disebut girboks. Di dalamnya, ada beberapa gir yang perbandingannya sudah dihitung dengan matang.

Girboks menggunaan oli khusus untuk mengurangi gesekan yang berlebih antar gir. Kendati warna sama seperti oli biasa, namun sering terlihat oli girboks terlihat putih susu.

Ternyata sebab dari berubah warnanya oli ini adalah air. Girboks skutik memiliki selang hawa kecil, ada juga yang disisispkan ke boks filter. Selang yang sudah lama akan menjadi getas dan berlubang.

(BACA JUGA: Jangan Asal Beli Selang Radiator Motor)

Rusaknya selang hawa berpotensi air masuk ke dalam girboks. Hal ini biasanya ketika motor dicuci atau dipaksa melewati genangan air.

Air yang masuk ke dalam girboks bisa bercampur dengan oli, dan oli pun berubah warna menjadi putih susu. Adanya air cukup berbahaya, karena bisa membuat gir mudah berkarat, tidak presisi, dan akhirnya rusak.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa