Tips Pasang Knalpot Agar Tak Diganggu Packing yang Sering Jatuh

Irsyaad Wijaya - Rabu, 20 Desember 2017 | 17:20 WIB
paking knalpot
sains.kompas.com
paking knalpot

Otomania.com - Membongkar atau melepas knalpot adalah hal mudah bagi seorang mekanik. Tetapi menjadi sulit ketika harus memasangnya kembali, terlebih jika packing knalpot mengganggu karena sering terjatuh.

Paking knalpot berfungsi penting sebagai perapat atau peredam antara silinder head dan knalpot yang biasanya fleksibel. Packing memberikan perlindungan agar tidak terjadi kebocoran saat pembakaran mesin disalurkan keluar melalui knalpot.

Posisinya berada di antara keduanya dan biasanya terbuat dari beberapa bahan seperti asbes tahan panas atau kuningan.

“Paling kesal kalau lagi buru-buru, pasang packing knalpot jadi agak lama karena sering jatuh. Apalagi motor matic, posisi ruangnya sempit,” ucap Ali Maturrahman, mekanik dari Duta Motor Sport dilansir Motorplus.gridoto.com.

(BACA JUGA: Polisi Tidur Terbesar di Dunia, Mobil Ini Saja yang Bisa Lewat)

Ali mempunyai trik sederhana, yakni dengan menggunakan grease atau pelumas kental, sebagai perekat packing agar menempel saat akan dipasang. Caranya mudah, sebelum knalpot dipasang, oleskan dulu grease sedikit di bagian packing knalpotnya.

“Oleskan sedikit saja, gak perlu banyak-banyak. Bisa juga pakai lem gasket, namun lebih gampang ditemui gemuk,” tambah pria berkumis tipis yang posisi bengkelnya di Jl. Mayor Hasibuan No.60, Bekasi, Jawa Barat.

Lalu, masukkan packing knalpot tersebut ke dudukan yang ada di silinder head, bisa juga tempelkan paking di ujung leher knalpot.

Terakhir jangan lupa kencangkan baut tanam yang ada di head silinder terlebih dahulu. Kalau baut belakangnya yang dikencangkan, pastinya knalpot tidak akan terpasang sempurna dan angin akan bocor.

Semoga membantu!

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa