Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Plus-Minus Beli Motor Tunai dan Kredit

Donny Apriliananda - Kamis, 21 Desember 2017 | 14:47 WIB
Banyak cara untuk membeli motor secara kredit
Dok MOTOR Plus
Banyak cara untuk membeli motor secara kredit

Otomania.com - Ada dua cara yang paling sering digunakan masyarakat buat membeli motor, yaitu secara tunai atau cicilan dibantu perusahaan pembiayaan. Mana yang lebih baik?

Pada dasarnya pilihan cara membeli tergantung kondisi ekonomi dan kebutuhan konsumen. Beli tunai bisa dilakukan buat konsumen yang punya dan berani mengeluarkan dana di depan lalu tidak mau berurusan dengan hal lainnya. Namun, tidak banyak konsumen yang mau atau bisa begitu.

Sementara untuk pembelian cicilan berarti mengeluarkan dana tidak begitu besar di depan, untuk uang muka, lalu sisanya dibayar secara bertahap dalam periode tertentu. Selama periode cicil ibaratnya motor bukan milik konsumen karena Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dipegang perusahaan pembiayaan.

Baca Juga: Daihatsu Beri Opsi Kredit

 

Sebab itu juga biasanya asuransi melekat pada pembelian motor secara cicil. Biaya asuransi juga ditanggung konsumen, masuk dalam hitungan cicilan.

Memakai cara cicil juga berarti konsumen masih punya beban dan berhubungan dengan perusahaan pembiayaan. Beban lainnya yaitu bunga cicilan. Jika dihitung total uang yang dikeluarkan konsumen selama periode cicilan pasti lebih besar dibanding beli tunai.

Rino Harja Kartan, Deputy Director, perusahaan diler Yamaha, Putera Group, menjelaskan, konsumen bebas memilih cara pembelian motor.

Baca Juga: Tipikal Konsumen Civic Type R, Beli Tunai dan Rela Antre

"Kami enggak bisa bilang mana yang untung mana yang rugi. Tapi sebenarnya kalau punya uang tunai akan lebih menguntungkan. Kan tidak kena bunga sama depresiasi motor, kalau sudah dipakai setahun depresiasi bekasnya lebih baik," ucap Rino, belum lama ini.

Perusahaan pembiayaan masuk ke segmen konsumen yang tidak punya uang tunai, kata Rino. "Kalau mengharapkan konsumen punya uang tunai pasti pasarnya kecil, nah perusahaan pembiayaan buka pasar baru," jelas Rino.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Tribun Sumsel

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa