Suzuki "Si Gesit Irit" Smash Dari Generasi ke Generasi

Fedrick Wahyu - Kamis, 21 Desember 2017 | 07:25 WIB
Suzuki Smash FI
Autonetmagz.com
Suzuki Smash FI

Otomania.com - Salah satu sepedamotor tipe bebek (cub) yang punya cerita sukses di Indonesia adalah Suzuki Smash. Tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W melahirkan kembali sepeda motor yang awalnya punya julukan "Si Gesit Irit" itu.

Tengok sejarah, Smash pertama kali hadir pada 2003 untuk ikut bersaing dengan motor-motor bebek murah dari China. Sekaligus, Suzuki juga ingin mencicipi manisnya pasar bebek entry level yang besar pasarnya saat itu.

Namun, Smash generasi pertama ini sempat menuai kritik, mulai dari bentuk knalpot yang kurang serasi dengan desain, atau bodi motor bergetar saat diajak ngebut.

Suzuki Smash generasi pertama
Bikepics.com
Suzuki Smash generasi pertama

Kemudian pada 2005, Suzuki mengganti stripping dan knalpot dengan desain yang lebih sporty. Knalpot agak mendongak ke atas.

Pada tahun yang sama, juga muncul varian varian SR (Street Runner) yang merupakan Smash dengan pelek palang, stripping baru dan per suspensi warna kuning. Motor Smash SR inilah yang memulai tren motor bebek berpelek palang.

Suzuki Smash SR Merah
Bikepics.com
Suzuki Smash SR Merah

(BACA JUGA: Kisah Sepasang Kekasih Negeri Jiran Naik Motor Bebek Sampai Inggris)

Pada 2006, Suzuki meluncurkan generasi kedua Smash dengan banyak perubahan. Smash generasi ini sudah dilengkapi fitur rumah kunci shutter key dan bagasi yang cukup luas. Ada varian NR (Night Rider) dengan dominasi warna hitam.

Tapi perubahan yang paling berpengaruh adalah di rangkanya yang membuat vibrasi bodinya jauh berkurang. Mesin pun juga bertambah tenaga sebanyak 2 tk.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X