Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Limbah Plastik di Indonesia yang Disulap Jadi Aspal Jalan

Irsyaad Wijaya - Jumat, 15 Desember 2017 | 15:05 WIB
aspal jalan dari limbah plastik
kompas.com
aspal jalan dari limbah plastik

 

Otomania.com - Setelah beberapa tahun sampah kantong plastik di Indonesia menjadi sebuah problem, akhirnya segera mendapat solusi. Pemerintah terus menguji coba penggunaan "aspal plastik" di sejumlah daerah.

Sebelumnya, berdasarkan data dari Jambeck Research Group (2015) diperkirakan 3,32 juta metrik ton limbah plastik di Indonesia belum terkelola baik dimana 0,48-1,29 juta metrik ton masuk ke laut.

Nah, baru-baru in, pemerintah mencoba memanfaatkan kantong plastik bekas tersebut untuk mengaspal jalan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) kembali melakukan uji coba campuran aspal yang menggunakan limbah plastik atau dikenal "aspal plastik".

Sebelumnya uji coba telah dilakukan di Bali, Bekasi, Makassar dan Solo. Selanjutnya dilakukan di Jalan Tol Tangerang- Merak yang bekerjasama dengan ASTRA Infra Toll Road sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area KM 43 arah Merak, Kamis (14/12/2017).

(BACA JUGA: Libur Akhir Tahun, Layanan Suku Cadang Yamaha Juga Absen)

Uji coba pengaspalan dilakukan sepanjang 90 meter dengan lebar 15 meter dan ketebalan perkerasan 5 cm, menggunakan 150 ton aspal bersama campuran limbah plastik sebanyak 6 persen dari total aspal atau sebanyak 600 kg limbah plastik yang didatangkan dari Bandung.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Rezeki Peranginangin dan Kepala Balai Bahan dan Perkerasan Jalan Puslitbang Jalan dan Jembatan, Nyoman Suryana.

"Aspal plastik ini memiliki beberapa kelebihan yaitu memiliki tingkat perkerasan yang lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda kendaraan saat aspal basah dilalui kendaraan, dan daya tahannya juga semakin meningkat bila dibandingkan dengan aspal biasa," ujar Kepala Balitbang, Danis H. Sumadilaga.

Menurut Danis, penerapan aspal plastik adalah bagian dari inovasi yang dilakukan oleh Kementerian PUPR untuk mengurangi limbah plastik yang sudah menjadi isu global.

(BACA JUGA: Ini Cara Agar Bisa Beli Mobil Tanpa )

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto menyambut baik inovasi aspal plastik di ruas tol milik perusahaan tersebut.

"Kami menyambut baik adanya implementasi uji coba aspal dengan menggunakan campuran limbah plastik. Tahap pertama di kawasan Rest Area, kalau hasilnya positif bisa dicoba di jalan utama,” ucapnya.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa