Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Cara Agar Bisa Beli Mobil Tanpa "Nyicil"

Donny Apriliananda - Kamis, 14 Desember 2017 | 15:15 WIB
Deretan Mobil Low MPV
carusermagz.com
Deretan Mobil Low MPV

Otomania.com - Zaman sekarang, makin banyak kemudahan ditawarkan diller agar orang beli mobil, meski harus mencicilnya sampai 8 tahun! Tak mau terjebak? Ada cara bisa beli mobil secara tunai alias bebas cicilan bulanan.

Paling realistis saat ini memang mobil baru dengan harga terjangkau yang masuk di segmen low cost green car (LCGC) alias mobil murah. Ayla, Agya, Brio Satya, Wagon R, GO Panca, hingga Calya-Sigra, dibanderol cuma kisaran Rp 100 jutaan hingga Rp 150 jutaan.

Masyarakat yang belum cukup banyak memiliki uang bisa membayar dengan cara kredit. Bagaimana caranya aga bisa memboyongnya tanpa mencicil?

Ghita Argasasmita, Founder & Financial Advisor Integrita, menegaskan bahwa langkah awal memang harus membeli kredit, setelah lunas, baru bisa bayar tunai.

Baca juga: Pajak Mobil Ini Bisa Bayar Pajak V-Ixion Selama 349 Tahun

"Tetapi, uang yang biasanya dibayarkan untuk kredit, dialokasikan ke yang lain. Misal investasi di reksadana pasar uang," kata Ghita dalam acara Mobil88 di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

-
-

Misalnya, hitungan mengambil tenor investasi tiga tahun, hasilnya bisa diambil. Hasil investasi ini kemudian ditambahkan dengan uang penjualan mobil bekas, baru bisa membeli model terbaru.

Baca Juga: Nyicil Rp 1 Jutaan Bisa Punya Mobil Honda

"Sebenarnya bisa dengan cara menabung, tetapi orang sekarang ini ingin punya dulu, tidak mau nabung dulu sampai uangnnya cukup baru beli mobil," ujar Ghita.

Lalu, masyarakat juga harus pintar-pintar mengatur keuangan apabila ingin melakukan kredit kendaraan bermotor.

"Mungkin cara kredit dulu lalu setelah lunas nabung dan beli baru itu bisa dilakukan. Namun, tenor kredit mobil sebelumnya maksimal tiga tahun, jangan terlalu lama karena bunganya juga cukup besar," kata dia.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa