Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salip Banyak Rival, Jualan Xpander Langsung di Bawah Avanza

Donny Apriliananda - Kamis, 14 Desember 2017 | 09:59 WIB
mitsubishi Xpander kena komplain
Wikipedia
mitsubishi Xpander kena komplain

Otomania.com – "Si kuda hitam" Mitsubishi Xpander yang sejak diperkenalkan Agustus 2017 lalu langsung mendapat respons sangat besar dari masyarakat. Penjualannya pun langsung meroket, salip rival-rival besar di segmen low MPV.

Pemesanan sampai saat ini sudah lebih dari 40.000 unit secara total. Tapi, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru mengirim 8.300-an unit ke diler hingga akhir November 2017.

Data tersebut juga bisa disimpulkan bahwa Xpander bulan lalu terkirim 4.882 unit. Capaian itu sudah melampaui para pemain lama macam Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, sampai Honda Mobilio.

Secara wholesales, Avanza masih jauh memimpin dengan penjualan 10.070 unit. Tepat di bawahnya ada Xpander dengan 4.882 unit. Lalu disusul Suzuki Ertiga (3.940 unit), Daihatsu Xenia (3.758 unit), dan Honda Mobilio (2.155 unit).

Sebelumnya, Mitsubishi Xpander terekam pada September hanya memasok 1.096 unit, sementara pada Oktober 2.351 unit. Terdapat kenaikan secara bertahap bulan demi bulan, seiring dengan peningkatan volume produksinya.

Baca Juga: Waduh, Mitsubishi Xpander Mulai Dikomplain Penggunanya

Pangsa pasar LMPV November 2017 (diolah dari data Gaikindo).
Ghulam/KompasOtomotif
Pangsa pasar LMPV November 2017 (diolah dari data Gaikindo).

Pemain baru lain dari China, Wuling, tercatat di bulan kesebelas memasok 803 unit untuk model Confero S. Angkanya menurun dibandingkan bulan sebelumnya Oktober yang mencapai 903 unit.

Baca Juga: Mitsubishi Gerak Cepat Atasi Keluhan

Xpander memang sudah semestinya jadi ancaman buat pemain utama. Jika pemesanan masih tinggi dan MMKSI berhasil menaikkan kapasitas produksi, bukan tidak mungkin selisih angkanya semakin tipis.

Toyota sempat melempar Psychological Warfare (psywar) yang menyebut bahwa target Xpander menguasai pangsa pasar 20 persen tak akan sampai.

Namun kenyataannya saat ini,  Xpander pada bulan kesebelas 2017 atau empat bulan sejak kemunculannya sudah berada di angka 18,25 persen seperti bisa dilihat pada diagram.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa