Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Seruduk Motor, Akibat Tak Patuh "Yellow Box Junction"

Donny Apriliananda - Jumat, 1 Desember 2017 | 17:21 WIB
Sebuah mobil yang terlihat menyeruduk seorang pengendara motor di persimpangan Lapangan Benteng-Mandiri Primbon, Medan, Rabu (29/11/2017)
ATCS Dishub Kota Medan
Sebuah mobil yang terlihat menyeruduk seorang pengendara motor di persimpangan Lapangan Benteng-Mandiri Primbon, Medan, Rabu (29/11/2017)

Otomania.com - Mobil seruduk sepeda motor hingga terpental. Kejadian ini menjadi viral via video yang diunggah Aera Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan Kota Medan di akun Instagram.

Kejadian terekan di simpang Lapangan Benteng-Mandiri Primbon, Medan, Rabu (29/11/2017). Dalam laporannya, tabrakan terjadi akibat ketidaktahuan pengendara mobil akan fungsi Yellow Box Junction atau YBJ.

Mobil yang menyeruduk sudah bergerak maju ke depan saat kepadatan kendaraan dari arah lainnya belum sepenuhnya terurai dan keluar dari YBJ.

Baca: Daerah di Jakarta yang Terekam Banyak Pelanggaran Lalu Lintas

Saat kejadian, mobil datang dari arah "pukul 6", sedangkan motor dari arah "pukul 3". Arus lalu lintas dari arah "pukul 3" mendapat giliran lampu hijau lebih dulu, namun terjadi kepadatan hingga arus tersendat.

Persimpangan dengan YBJ itu belum sepenuhnya steril dari kendaraan arah "pukul 3", dan arah "jalur 6" sudah mendapat giliran lampu hijau. Hingga terjadi tabrakan.

Andai Patuh
Jika mematuhi fungsi YBJ, kendaraan dari arah "pukul 6" seharusnya belum boleh maju, meskipun sudah mendapat lampu hijau. Hal inilah yang tidak dilakukan pengendara mobil.

Belum banyak yang tahu fungsi YBJ, bermanfaat mencegah terjadinya pertemuan kepadatan kendaraan dari dua arah, yang bisa membuat tersendatnya arus lalu lintas.

YBJ adalah marka jalan yang mulai digunakan di Indonesia sejak 2010. Fungsinya mencegah agar arus lalu lintas di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi. 

Dalam penggunaannya, pengemudi dari suatu arah tidak boleh maju ke depan selama masih ada kendaraan dari arah lain di dalam YBJ. Meskipun arah dari pengemudi tersebut sudah mendapat lampu hijau. Mereka baru bisa melanjutkan perjalanan jika YBJ telah kosong.

Lengkapnya, simak video berikut ini:

 

Terpantau kecelakaan Sepeda Motor kontra Mobil di simpang Lap.Benteng-Mandiri Primbon. Info yang kami dapat dari petugas Dishub yang bertugas saat kejadian sekaligus membantu korban. . Rabu, 29-11-2017, Pukul 08:57 Wib. . Yellow Box Junction (YBJ) adalah marka jalan bertujuan mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas di jalur dan berakibat tersendatnya arus kenderaan lain yang tidak padat. . YBJ berfungsi untuk mencegah agar arus lalu lintas di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi. . Jadi, walaupun lampu lalu lintas sudah hijau pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika ada kenderaan lain di dalam YBJ (Area Kotak Kuning). Diharapkan kepada seluruh pengendara agar mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Utamakan keselamatan dari pada kecepatan. Ingat keluarga anda menanti dirumah. . @atcsmedan @infoanda . #infoheboh #atcs #atcsdishubmedan #atcsmedan #humaspemkomedan #pemkomedan #medanrumahkita #lalulintas #lalulintasmedan #medan #kotamedan #trafficlight #video #cctv #kecelakaan

A post shared by Info Berita Fakta Media (@infoheboh) on

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa