Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkendara Pakai "Earphone", Awas Tilang

Donny Apriliananda - Kamis, 30 November 2017 | 08:45 WIB
Polres Magelang Jawa Tengah menerapkan e tilang pada pelanggar lalu lintas, di kawasan Jalan Magelang-Yogyakarta, Muntilan, Rabu (5/4/2017).
Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Polres Magelang Jawa Tengah menerapkan e tilang pada pelanggar lalu lintas, di kawasan Jalan Magelang-Yogyakarta, Muntilan, Rabu (5/4/2017).

 

Otomania.com – Masih ingat kecelakaan Nicky Hayden, juara dunia MotoGP 2006, yang berujung pada kematiannya, beberapa waktu lalu? Ternyata kejadian itu membuka banyak perhatian terhadap keselamatan di jalan raya.

Salah satunya, terkait dengan informasi mengenai kegiatan bersepeda Hayden, yang dilakukan dengan sambil mendengarkan musik melalui headphone yang tersambung ke Ipod. Situasi ini membuatnya tidak meyadari kondisi sekelilingnya sehingga tertabrak mobil.

Kegiatan mendengarkan musik sembari berkendara juga kerap ditemui di jalan raya Indonesia. Padahal ini melanggar undang-undang dan berpotensi untuk ditindak petugas kepolisian yang tengah bertugas.

Baca: Kendaraan Dipinjam Lalu Kena Tilang CCTV, Siapa yang Kena?

”Mendengarkan musik sambil berkendara itu masuk dari segi hukum terutama UU No 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas. Berkendara di jalan harus konsentrasi penuh dan jauh dari kegiatan yang mengganggu,” ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC).

Banyak kecelakaan fatal di jalan akibat pengendara pakai earphone
alloy.com
Banyak kecelakaan fatal di jalan akibat pengendara pakai earphone
Dalam UU No 22 tahun 2009 pada pasal 106 ayat 1, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraan dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Baca: Ini Hukum Menolong Korban Kecelakaan di Jalan Raya

Yang dimaksud dengan penuh konsentrasi adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga mempengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan.

Pada pasal 283 diatur mengenai besaran hukuman jika kedapatan tidak berkonsentrasi di jalan. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa