Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buat Referensi, Jenis dan Waktu Pelaksanaan Operasi Lalu Lintas

Donny Apriliananda - Kamis, 2 November 2017 | 14:31 WIB
Jajaran aparat kepolisian dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2016 di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta pada Jumat (20/5/2016).
Akhdi martin pratama
Jajaran aparat kepolisian dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2016 di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta pada Jumat (20/5/2016).

Otomania.com - Polisi lalu lintas sudah punya agenda rutin operasi lalu lintas dengan tujuan menciptakan kondisi aman dan lancar di seluruh wilayah Indonesia. Banyak dari kita menyebutnya dengan razia.

Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin pernah menjelaskan, kepada beberapa waktu lalu mengenai jenis razia kendaraan bermotor. Selama satu tahun, ada enam operasi yang dilakukan serentak secara nasional.

"Tetapi dari masing-masing operasi itu ada yang sifatnya hanya mengimbau saja, seperti Operasi Simpatik, namun ada juga yang langsung menindak tegas," kata Benjamin.

Sebagai pengetahuan, berikut jenis dan jadwal operasi lalu lintas di Indonesia:

Operasi Patuh
Jenis operasi ini dilakukan menjelang Ramadhan selama dua pekan. Tujuannya, untuk meminimalisir tingkat kecelakaan. Polisi akan memeriksa kelengkapan surat dan atribut kendaraan. Bahkan bisa juga yang melanggar langsung ditilang.

Setiap daerah punya nama operasi sendiri-sendiri, seperti Patuh Jaya di Jakarta, Lodaya di Jawa Barat, Patuh Candi di Yogyakarta, dan Jawa Tengah, serta masih banyak lagi tergantung Polda setempat.

Operasi Ketupat
Polisi biasanya mengadakan operasi ini menjelang Idul Fitri. Tujuan utama, menertibkan arus mudik dan dilakukan pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Tidak ada tilang, hanya memberikan teguran agar arus lalu lintas aman dan lancar.

Operasi Simpatik
Sama seperti Operasi Ketupat, agenda ini hanya memberikan peringatan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun selama 21 hari dan berlaku nasional.

Operasi simpatik untuk menjaga ketertiban lalu lintas di seputaran Senen, Jakarta Pusat.
Setyo Adi/Otomania
Operasi simpatik untuk menjaga ketertiban lalu lintas di seputaran Senen, Jakarta Pusat.

Operasi Zebra
Jenis operasi ini biasanya dilakukan menjelang akhir tahun, seperti sekarang ini mulai 1 hingga 14 November 2017 di seluruh Indonesia.  Polisi akan mengecek kelengkapan surat serta atribut lainnya. Jika tidak sesuai maka akan langsung diberikan sanksi seperti tilang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Operasi Lilin
Setelah Operasi Zebra, polisi berlanjut mengadakan Operasi Lilin. Fokus utama untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang aman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Operasi ini sering dilakukan di pusat perbelanjaan, atau tempat ibadah dan lain sebagainya.

Operasi Lintas
Operasi yang terakhir ini sering dilakukan secara gabungan antara polisi, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga TNI. Razia yang mengecek kelengkapan surat, hingga parkir liar ini dilaksanakan selama dua pekan. Pelanggar akan langsung kena tilang, namun fokus operasi ini hanya ke kendaraan umum atau angkutan barang.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa