Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

10 Negara di Dunia dengan Jalanan Mematikan, Indonesia?

Donny Apriliananda - Selasa, 28 November 2017 | 11:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomania.com – Kampanye untuk menurunkan angka kecelakaan di jalan raya terus digaungkan, salah satunya oleh World Health Organization (WHO). Setiap negara dituntut untuk berupaya keras mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi.

Korban bukan hanya pengemudi dan penumpang mobil atau sepeda motor, tetapi juga pejalan kaki. Di seluruh dunia, setidaknya satu orang tewas di jalan setiap 30 detik, dan untuk setiap kematian, 20 orang mengalami luka-luka.

Menurut WHO, mengutip Autoguide belum lama ini, ada sekitar 752 pejalan kaki dan 786 pesepeda motor yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan setiap hari secara global.

Baca: Ini Hukum Menolong Korban Kecelakaan di Jalan Raya

Dari sana terungkap 10 negara dengan kematian tertinggi di jalan raya. Indonesia termasuk di dalamnya? Simak daftarnya berikut ini:

10. Mozambik
Negara Afrika Mozambik memiliki jalan paling mematikan kesepuluh di dunia. WHO melaporkan bahwa untuk setiap 100.000 jiwa, rata-rata 31,6 mati di jalan setiap tahun. Sepanjang 2015, ada 8.173 kematian yang terjadi di jalanan Mozambik.

9. Rwanda
Masih dari Afrika, yaitu Rwanda, yang diperkirakan memiliki angka kematian 32,1 di jalan raya pada rasio 100.000 orang per tahun. Total angka kematian secara keseluruhan mencapai 3.782 pada 2015.

8. Iran
Iran dilaporkan WHO memiliki rasio orang meninggal di jalan sebesar 32,1 orang untuk setiap 100.000 jiwa. Sepanjang tahun 2015, WHO menyebutkan, telah terjadi 24.896 kematian di jalanan Iran.

7. Repubik Afrika Tengah
Republik Afrika Tengah mengambil posisi tujuh dari sepuluh besar negara dengan jalan mematikan. Dalam satu tahun, ada sekitar 1.495 kematian di jalan raya pada 2015, dengan rasio 32,4 kematian setiap 100.000 penduduk.

6. Republik Tanzania
Republik Tanzania masuk ke posisi keenam. WHO melaporkan sekitar 32,9 orang tewas di jalan-jalan per 100.000 orang. Sepanjang 2015, ada 16.211 total kematian jalan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Autoguide

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa