Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wacana Desain Baru Pembatas Jalan

Donny Apriliananda - Senin, 9 Oktober 2017 | 12:20 WIB
pembatas jalan
pembatas jalan

Otomania.com - Media sosial sering menjadi ajang untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan keselamatan, tak terkecuali pembatas jalan.

Banyak yang beranggapan desain dan model yang ada saat ini membahayakan pengendara karena menimbulkan kerusakan besar pada kendaraan.

Dikutip dari Permenhub No 34 tahun 2014 tentang marka jalan, pasal 11 ayat 2, sudah diatur mengenai bahan yang digunakan sebagai pembatas jalan. Pilihannya yakni terbuat dari bahan plastik atau bahan lain yang diisi air (water barrier) serta terbuat dari beton (concrete barrier).

Kendati demikian, Direktur Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi menanggapi masukan masyarakat mengenai desain dan bahan separator.

Arie mengakui pihaknya terus mengembangkan berbagai desain separator yang lebih baik menyerap energi benturan.

"Ada yang terbuat dari karet lunak, tidak hanya concrete barrier dan water barrier. Ini jadi masukan buat kami, harusnya tidak keras ujungnya. Kita evaluasi tentang hal tersebut," ucap Arie, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (7/10/2017).

Mengenai separator dengan bahan karet lunak ini, Arie mengungkapkan pihaknya ditugaskan untuk ikut menyerap karet alam. Ini memungkinkan desain separator berbeda selain beton dan air.

Inovasi lain yang tengah dipikirkan adalah mengubah desain separator. Separator yang berbentu trapesium tersebut diberi benjolan rol untuk mengubah arah tubrukan kendaraan, harapannya tidak terlalu rusak parah.

"Tapi masalahnya jika mobil tersebut terpental, takutnya akan kena kendaraan lain. Saat ini jalan saja sudah melebihi kapasitasnya," ucap Arie.

Bicara inovasi separator atau pemisah jalan, kabar terakhir datang dari Korea. Negeri Ginseng tersebut menemukan desain pembatas jalan dengan roll plastik yang dapat meminimalkan dampak tumbukan pada kendaraan, terutama memastikan keselamatan pengemudi.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa