Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Bikers", Begini Cara Belok yang Benar Saat Jalanan Licin

Donny Apriliananda - Jumat, 6 Oktober 2017 | 11:38 WIB
5 Tips Aman Ini Bikin Berkendara Saat Musim Hujan Aman Dan Tenteram
Dok.M+
5 Tips Aman Ini Bikin Berkendara Saat Musim Hujan Aman Dan Tenteram

Otomania.com - Tingkat kesulitan berkendara saat musim hujan makin tinggi, khususnya buat pengguna sepeda motor. Potensi kecelakaan meningkat seiring kondisi lingkungan yang berubah.

Banyak kemungkinan bahaya yang muncul dari jarak pandang terbatas. Tambahan lain adalah kondisi jalan yang basah yang berpengaruh pada cara berkendara.

"Jalan basah membuat kemungkinan ban kehilangan traksi. Di sini gaya berkendara saat hujan wajib diubah," ucap  Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC.

Perhatian dikhususkan pada saat berbelok. Bagi pengendara motor ketika berada di lintasan basah dapat mengalami gejala hidroplaning. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika hendak berbelok.

Pastikan mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan, jangan melaju kencang. Kemudian ketika berbelok, jangan lakukan pengereman secara mendadak. Ini akan membuat motor kehilangan traksi dan membuat resiko pengendara jatuh tergelincir.

Lakukan pengereman sebelum memasuki tikungan. Rem secara perlahan, sambil mengurangi kecepatan.

"Sudut kemudi tidak berbeda dengan garis lurus roda belakang. Jangan lakukan gaya berkendara yang sama ketika kondisi jalan kering," ucap Jusri.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa