Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Motor Bekas Dana Terbatas, Perhatikan Ini

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 14 September 2017 | 09:16 WIB
Deretan motor bekas yang dipajang di salah satu diler kawasan Jatibening, Jakarta Timur.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Deretan motor bekas yang dipajang di salah satu diler kawasan Jatibening, Jakarta Timur.

Jakarta, Otomania.com - Sepeda motor bekas jadi solusi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan moda transportasi dengan cepat dan harga yang sesuai. Termasuk untuk dana terbatas sekitar Rp 5 jutaan.

"Tentu saja dana berapa pun ada. Tergantung barangnya. Biasanya tahun-tahun lama mungkin sekitar 2010 atau yang lebih lama lagi. Modelnya skutik dan bebek," ucap Iyos dari Talenta Motor, Rawa Belong saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Namun untuk mendapatkan motor dengan harga kisaran Rp 5 juta ini juga cukup sulit, terutama di diler-diler motor bekas. Pasalnya para pedagang motor bekas ini tidak mencari namun menunggu tawaran dari pemilik motor yang ingin melego sepeda motornya.

Bagi konsumen yang ingin mencari motor dengan dana terbatas, jika benar berminat harus menunggu. Nantinya pihak diler akan mencarikan karena barang dengan harga tersebut cukup terbatas.

Baca : Jadi Alternatif Motor Bekas Dilirik Lagi

"Itu pun harus dipastikan benar-benar bebas masalah, karena kita ingin kasih terbaik buat konsumen. Biasanya yang dari tangan pertama masih bisa kita terima," ucap Iyos.

Kesulitan lainnya adalah konsumen yang menginginkan motor dengan harga Rp 5 jutaan ini dipastikan tidak mendapatkan layanan kredit. Pasalnya pihak pembiayaan membatasi usia motor 5-6 tahun dari tahun ini.

"Jadi pasti harus tunai. Sekarang untuk motor tahun lama, lebih dari lima tahun, tidak diberikan layanan kredit. Tahun ini saja limit kredit 2013, tiap tahun naik terus," ucap Hendrik dari B2Y Motor di kesempatan yang sama.

Untuk itu para pedagang menyarankan jika konsumen membutuhkan cepat, cara yang bisa dilakukan adalah menemukan langsung pemilik motor dengan kriteria harga yang diinginkan tersebut. Bisa melalui situs jual beli on line atau kenalan terdekat. Disarankan untuk memeriksa kondisi motor dengan seksama juga surat-surat kendaraannya.

Baca : Ini Skutik Bekas yang Banyak Dicari

"Pastikan lengkap suratnya. Jangan periksa secara kasat mata, tapi juga kondisi mesin. Motor tahun lama sudah pasti sering dipakai, namun apakah terawat atau tidak, itu penilaian penting selanjutnya," ucap Hendrik.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa