Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gaikindo Bersyukur Indonesia Bakal Euro IV

Azwar Ferdian - Kamis, 10 Agustus 2017 | 10:35 WIB
Standar emisi Euro IV.
motorcyclelife.com.au
Standar emisi Euro IV.

Tangerang, Otomania.com - ‎Regulasi baru tentang ambang batas emisi kendaraan yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun ini diapresiasi oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Regulasi itu bisa memaksimalkan produksi kendaraan di dalam negeri.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, menyampaikan, saat ini industri otomotif dalam negeri sudah mulai menyelaraskan diri dengan industri otomotif global, yang sedang mengarah ‎ke kendaraan efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menetapkan standar emisi gas buang kendaraan bermotor setara dengan Euro IV," kata Nangoi saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show, di Tangerang, Kamis (10/8/2017).

Batas emisi standar Euro IV diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLKH/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O. Indonesia langsung loncat ke Euro IV, saat ini batas yang berlaku untuk mobil adalah Euro II.

Buat kendaraan bermesin bensin, standar Euro IV berlaku tahun depan. Sedangkan untuk kendaraan bermesin diesel berlaku empat tahun lagi.

"Di samping menghasilkan kendaraan yang tingkat emisi gas buangnya lebih rendah, lini produksi di pabrik juga menjadi efisien karena kendaraan yang diproduksi bisa digunakan untuk pasar domestik dan ekspor," kata Nangoi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa