Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Kuliahkan Jawara Mekanik SMK

Febri Ardani Saragih - Kamis, 3 Agustus 2017 | 19:45 WIB
Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menyerahkan hadiah utama sepeda motor Supra GTR 150 secara simbolik kepada pemenang Astra Honda Technical Skill Contest 2017 di Jakarta (2/8). Para pemenang ini berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang Asia Oceania Technical Contest 2018.
Astra Honda Motor (AHM)
Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menyerahkan hadiah utama sepeda motor Supra GTR 150 secara simbolik kepada pemenang Astra Honda Technical Skill Contest 2017 di Jakarta (2/8). Para pemenang ini berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang Asia Oceania Technical Contest 2018.

Jakarta, Otomania.com – Ajang pencarian mekanik terbaik dari kalangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang digelar Astra Honda Motor (AHM) bertajuk Astra Honda Technical Skill Contest (AH-TSC) digelar kedelapan kalinya pada tahun ini. Dari 23.272 peserta, telah terpilih tiga juara yang berhak mendapatkan beasiswa penuh kuliah di Politeknik Manufaktur Astra.

Seluruh peserta berasal dari 652 SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda. Proses seleksi berlangsung pada Maret-Juni 2017.

Sebanyak 36 peserta telah lolos berbagai ujian dan tahapan proses seleksi. Semuanya menjalani babak final yang digelar di Astra Honda Training Center (AHTC), di Jakarta, pada 1-2 Agustus 2017.

Ujian terbagi menjadi dua bagian, yaitu tertulis dan praktek. Pada ujian tertulis, pengetahuan peserta tentang teknologi sepeda motor Honda ditantang.

Sedangkan pada ujian praktek, giliran keterampilan tentang mesin, rangka, dan kelistrikan, yang dites. Selain itu peserta juga diuji kemahiran perangkat khusus dan perawatan sepeda motor yang meliputi pemeriksaan, pengukuran, serta penggantian suku cadang.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan perusahaan ingin memperkuat perannya di bidang teknik sepeda motor melalui kompetisi untuk siswa SMK. Harapannya, lomba ini bisa membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang siap bersaing dengan perkembangan teknologi mesin motor di Indonesia.

"Kami ingin kompetisi ini dapat memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk meraih mimpi serta cita-cita mereka di bidang teknik sepeda motor,” kata Wedijanto seperti tertulis dalam keterangan resminya.

Ahmad Muhibbuddin, Ketua Program Pendidikan Satu Hati, mengatakan, AH-TSC merupakan bagian dari pendekatan komprehensif perusahaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi.

"Kami memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kualitas SMK binaan dan output-nya. Karena itu, dari hulu ke hilir kami berusaha menjaga proses peningkatan kualitas pendidikan vokasi ini agar dapat melahirkan tenaga terampil yang berkualitas dan berdaya saing," ujar Muhibbuddin

Selain mendapat beasiswa, AHM juga memberikan hadiah sebesar Rp 8 juta buat juara satu kategori SMK di AH-TSC 2017, Rp 5 juta untuk juara dua, dan Rp 3 juta buat juara tiga.

Selain itu, AHM juga memberikan hadiah uang Rp 1 juta buat seluruh peserta yang lolos AH-TSC 2017 ke tingkat nasional. Para peserta ini juga mendapat kesempatan mengikuti ujian saringan masuk Politeknik Manufaktur Astra tanpa dipungut biaya.

KATEGORI SISWA SMK

Posisi

Nama Siswa

Main Dealer

Nama Sekolah

Provinsi

Juara 1

Aris Setiawan

Astra Motor Yogyakarta

SMK Ma'arif, Wates

Yogyakarta

Juara 2

Moh. Sulton

PT. Mitra Pinasthika Mulia

SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi

Jawa Timur

Juara 3

Sabil

PT. Daya Adicipta Motora

SMK Teladan kertasemaya, Indramayu

Jawa Barat

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa