Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Prestasi Tertinggi Satu-satunya Pebalap Indonesia di Suzuka 8 Hours

Febri Ardani Saragih - Minggu, 30 Juli 2017 | 19:50 WIB
Dimas Ekky Pratama saat membalap di Suzuka 8 Hours, Minggu (30/7/2017).
Dimas Pradopo
Dimas Ekky Pratama saat membalap di Suzuka 8 Hours, Minggu (30/7/2017).

Suzuka, Otomania.com – Pebalap binaan Astra Honda Motor (AHM), Dimas Ekky Pratama, berhasil tampil maksimal di ajang Suzuka 8 Hours Endurance World Championship yang digelar di Suzuka Circuit, Minggu (30/7/2017). Tim yang dia bela, Satu Hati Honda Team Asia, finis di posisi kedelapan.

Total catatan waktu balap tim, 8 jam 1 menit 51,771 detik. Dimas serta dua pebalap lainnya, Zaqhwan Zaidi (Malaysia) dan Ratthapong Wilariot (Thailand), menyelesaikan balap setelah mengitari sirkuit sebanyak 211 kali.

Dimas adalah pebalap pertama Satu Hati Honda Team Asia yang membalap. Pada lap ke-3 dia sempat terbentur motor pebalap lain hingga area lututnya cedera. Dimas sempat terperosok ke posisi 32, meski begitu dia tidak menyerah. Dia tetap membalap sampai setidaknya 90 lap. 

Satu jam sebelum balapan berakhir, Honda CBR1000RR yang sedang ditunggangi Zaidi sempat berada di posisi kelima. Namun, 20 menit kemudian Safety Car keluar karena ada pebalap lain yang jatuh di lintasan.

Gara-gara itu, pebalap lain yang sebelumnya jauh berada di belakang Zaidi bisa mendekat. Saat bendera hijau berkibar Zaldi kesulitan menahan posisinya sebab pebalap lain menggunakan motor lebih kencang.

Zaldi sempat merosot ke posisi sembilan, namun akhirnya finis di posisi kedelapan.

“Semua sudah bekerja keras, ada sedikit masalah, saya juga sempat out tapi bisa kembali lagi ke lintasan. Kami sempat di posisi lima. Positifnya, Satu Hati Honda Team Asia itu bisa fight di posisi lima,” kata Dimas yang menjadi pebalap satu-satunya asal Indonesia. 

Dimas Ekky (tengah), Zaqwan Zaidi (ketiga dari kanan), dan Ratthapong Wilariot (kelima dari kanan).
Febri Ardani/otomania.com
Dimas Ekky (tengah), Zaqwan Zaidi (ketiga dari kanan), dan Ratthapong Wilariot (kelima dari kanan).

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM, yang ada di paddock mengatakan usai lomba sangat percaya dengan kemampuan ketiga pebalap. Beruntung dan tidak beruntung datang bersamaan saat balap, namun dia bangga karena tim bisa bertarung top 5.

“Saya percaya dengan para rider. Mereka bisa bertarung di posisi lima. Saya bisa bilang tidak puas karena tim finis kedelapan. Lain waktu target kami lima besar,” kata Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM. 

Hasil balapan Suzuka 8 Hours FIM Endurance World Championship 2017.
Febri Ardani/otomania.com
Hasil balapan Suzuka 8 Hours FIM Endurance World Championship 2017.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa