Honda Tutup Mata Soal Kehadiran Expander

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 28 Juli 2017 | 07:55 WIB
Diskon Mobilio di IIMS 2017.
Ghulam/KompasOtomotif
Diskon Mobilio di IIMS 2017.

Jakarta, Otomania.com – Kehadiran produk Mitsubishi Expander di segmen LMPV membuat kondisi pasar makin riuh. Honda dengan produk Mobilio miliknya jadi salah satu pesaing yang akan berhadapan dengan produk Mitsubishi tersebut.

“Nantinya tarik menarik konsumen pasti terjadi, karena pasarnya (otomotif secara total) tidak tumbuh. Tapi kami yakin konsumen Honda punya pandangan berbeda tentang satu produk,” ucap Jonfs Fandy Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) saat ditemui Rabu, (26/7/2017).

Expander yang dibanderol dengan harga mulai Rp 189 jutaan sampai Rp 246 jutaan berada di kelas yang sama dengan Mobilio. Jonfis mengaku keadaan ini pasti sedikit memberikan pengaruh namun ia menjelaskan jika konsumen kedua merek memiliki preferensi berbeda.

“Ada yang suka model A ada yang suka desain B, pasti berbeda. Orang yang beli Honda tahu kalau kalau desain Honda ya seperti itu,” ucap Jonfis.

Kedatangan produk baru juga memberikan dampak positif bagi produsen. Bagian R&D akan lebih sensitif memandang sejauh mana pasar bergerak. Lalu kemudian berusaha memperkenalkan fitur dan produk baru. Akhirnya konsumen yang diuntungkan.

Kondisi tarik menarik ini belum bisa diperkirakan hingga kapan. Namun satu hal yang pasti kehadiran produk baru membuat konsumen memilik kemampuan memilih lebih banyak apalagi tahun depan diperkirakan pasar otomotif akan booming dan tentu ini akan dinikmati konsumen.

“Jadinya tidak ada monopoli, mudah-mudahan malah memperbesar pasar. Belakangan pasar berubah terus karena banyak produk datang, apalagi sejak Honda memperkenalkan empat produk baru, market share naik. Harus ada strategi tepat karena sekarang banyak produk datang dan pergi,” ucap Jonfis.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa