Pakai Oli Balap untuk Harian? Ini Akibatnya

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 26 Juli 2017 | 14:00 WIB
Sam Lowes, pebalap Honda Gresini Federal Oil, memenangi Moto2 GP Aragon, di Spanyol, Minggu (25/9/2016).
Crash.net
Sam Lowes, pebalap Honda Gresini Federal Oil, memenangi Moto2 GP Aragon, di Spanyol, Minggu (25/9/2016).

Jakarta,Otomania.com - Pelumas khusus balap dianggap dapat membuat performa mesin sepeda motor lebih baik. Namun banyak yang tidak mengetahui kekurangan jenis pelumas ini apabila dipakai untuk harian.

"Motor harian membutuhkan pelumas untuk jangka waktu lama atau pada ketahanannya. Oli untuk balap fokus pada performa dan kecepatan, penggunaannya pun tidak bisa lama," ucap Herry Hambali, Sales & Marketing Director PT Federal Karyatama, pemegang merek pelumas Federal Oil, saat ditemui, Selasa (25/7/2017).

Biasanya penggunaan pelumas balap dikeluhkan oleh pemilik motor dengan volume oli yang berkurang setelah digunakan. Ini karena pelumas balap memiliki formulasi khusus yang tingkat viskositasnya dan aditifnya khusus untuk jangka waktu singkat sehingga mudah menguap.

"Setiap pelumas itu diciptakan untuk kebutuhan masing-masing. Jadi kalau mau buat harian tidak disarankan memang pakai pelumas balap," ucap Herry.

Federal Oil sendiri memiliki pelumas khusus balap yakni Federal Superrace yang dapat ditemui di tempat tertentu. Pelumas dengan kemasan satu liter ini dibanderol Rp 275 ribu.

"Ini juga jadi alasan kenapa penggunaan oli balap tidak disarankan. Dari segi biaya jelas akan lebih boros karena untuk penggunaan di jarak yang cukup singkat," ucap Herry.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa