Cara Pilih Pelumas Terbaik untuk Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Senin, 3 Juli 2017 | 16:05 WIB
Ilustrasi ganti oli
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi ganti oli

Jakarta, Otomania.com – Bahasan mengenai pelumas untuk mesin cukup banyak. Ini karena pelumas jadi salah satu faktor penting bagi mesin untuk bekerja dan berumur panjang.

Salah satunya di sepeda motor. Saat ini pilihan pelumas untuk sepeda motor sangat beragam. Mulai dari kekentalan yang berbeda-beda sampai bahan yang dipilih antara minerl, sintetik maupun semi sintetik.

Lantas mana pelumas yang paling cocok untuk sepeda motor? Bagi pemilik motor yang kebingungan memilih pelumas untuk motornya, ada beberapa indikator yang bisa dijadikan patokan. Salah satunya melihat standar JASO (Japan Automotive Standar Organization).

“Pelumas dengan standar JASO sudah teruji. Terutama untuk jaminan kopling anti slip karena sudah melewati tahap pengujian,” ucap Totok Subagyo, Brand Small Engine Oil Manager PT Pertamina Lubricant beberapa waktu lalu.

Standar JASO untuk motor dibagi menjadi dua. JASO MA untuk motor dengan jenis kopling basah dimana transmisi terendam oli. JASO MB untuk motor kopling kering dimana kopling tidak ikut terendam pelumas.

Pelumas yang lulus uji dan tertempel logo JASO maka artinya dapat dipilih karena akan anti slip untuk motor dengan kopling basah. Terutama JASO MA yang menjadi standar untuk sepeda motor agar koplingnya tidak slip.

“Kemudian tidak lupa, pilih pelumas sesuai spesifikasi atau standar yang diberikan pabrikan motor. Lihat presisi antar logam di mesin sebesar apa,” ucap Totok

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa