Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daripada Ugal-ugalan Sunmori, Mending Sewa Sirkuit

Febri Ardani Saragih - Selasa, 25 Juli 2017 | 20:25 WIB
Biker moge di ruas jalan tol Malaysia.
Donny Apriliananda
Biker moge di ruas jalan tol Malaysia.

Jakarta, Otomania.com – Ada kebiasaan baru di kalangan biker yaitu berkendara sepeda motor bergerombol pada hari Minggu pagi atau yang biasa dikenal sunmori (sunday morning ride). Namun, aktivitas kebersamaan yang sering melibatkan puluhan biker itu cenderung punya arti negatif sebab sering meresahkan bahkan sampai bikin kecelakaan.

“Sunmori-nya gak salah. Tapi coba kembali ke tafsir, itu sunday morning ride. Tidak ada kata speed di situ, bukan balapan juga. Sunmori ya sunmori saja,” kata mantan pebalap superbike sekaligus Ketua Komisi Safety Ikatan Motor Indonesia Dyan Dilato, Kamis (20/7/2017).

Sunmori biasanya dilakukan komunitas yang mencari kegiatan pada hari libur, saat itulah “motor akhir pekan” keluar. Seperti tidak punya saluran pelampiasan, adrenalin dari masing-masing biker yang bergabung memicu berkendara ugal-ugalan di jalanan.

Menurut Dyan memang sulit mengontrol kalau sunmori sudah melibatkan banyak orang. Di situ pentingnya sudut pandang benar komunitas motor soal sunmori. Dia mengatakan tidak ada salahnya nongkrong atau berkendara bersama, tapi bukan kebut-kebutan.

“Ini dari komunitas juga seharusnya punya pemikiran, ngebut di jalanan itu berbahaya. Nabrak orang itu bisa pidana. Ngebut itu di trek,” kata Dyan.

Saat ini, lanjut Dyan, konotasi sunmori menjurus ke kelakuan jelek geng motor. Seharusnya tidak seperti itu. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa