Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketimbang Mobil Listrik, Perhatian Harus Ditujukan ke Euro IV

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 20 Juli 2017 | 10:35 WIB
Mesin hybrid (hibrida) Toyota
Otomania/Setyo Adi
Mesin hybrid (hibrida) Toyota

Jakarta, Otomania.com – Rencana pengembangan mobil listrik sedang ramai dibicarakan. Ini dimulai dari pemberitaan Presiden Joko Widodo yang memberikan restu untuk pengembangan produk otomotif masa depan ini juga dilakukan di Indonesia.

Namun segala macam peraturan mengenai mobil listrik belum sepenuhnya diatur. Johannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengungkapkan, urgensi perhatian saat ini baiknya diarahkan pada Euro IV.

“Mobil listrik itu baru tahap pembahasan, paling dekat sekarang Euro IV. Ini langkah awal untuk masuk ke carbon tax dan teknologi hybrid. Ini saja dibereskan dahulu,” ucap Nangoi saat ditemui di kawasan Mega Kuningan, Rabu (19/7/2017).

Kebijakan Euro IV akan diberlakukan tahun depan secara bertahap. Nangoi berharap berbagai sarana pendukung sudah beres agar nantinya tidak ada Euro IV bohongan.

“Maksudnya nanti mobilnya Euro IV, bahan bakar misalnya belum ada. Ini jadi masalah,” ucap Nangoi.

Pihak Gaikindo sebelumnya mengajukan tiga permintaan kepada pemerintah mengenai kebijakan Euro IV. Pertama persiapan bahan bakar. Kedua, bahan bakar terebut didistribusikan secara merata ke seluruh Indonesia.

“Kita tidak bisa dua atau tiga tahun lagi sudah jual produk Euro IV, begitu mau jualan ke Makassar misalnya, bilang disana belum tersedia bahan bakar. Bisa celaka, karena kita produsen tidak bisa menutup ke situ,” ucap Nangoi.

Syarat ketiga adalah uji tipe. Setelah pemberlakukan kebijakan ini, pemerintah melalui Kementrian Perhubungan harus siap menguji ratusan kendaraan. Selama ini pihak produsen mengeluhkan antri uji tipe yang memakan waktu lama.

“Selain itu, kebijakan ini perdana akan dilakukan September tahun depan bertepatan dengan event kenegaraan. Harapannya disitu kita perlihatkan Indonesia sudah ikut Euro IV karena kalau masih Euro II itu jelek sekali. Saat ini di Asia Tenggara tinggal tiga negara yang pakai Euro II, selain kita ada Myanmar dan Laos. Tahun depan bisa, ini lompatan baik,” ungkap Nangoi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa