Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Standar Emisi Euro IV Agar Produk Indonesia Bisa Mendunia

Azwar Ferdian - Kamis, 27 April 2017 | 12:52 WIB
Standar emisi Euro IV.
motorcyclelife.com.au
Standar emisi Euro IV.

Jakarta, Otomania.com - Konsumen produk otomotif saat ini banyak menuntut penggunaan teknologi yang efisien dalam konsumsi bahan bakar. Termasuk tuntutan untuk produk otomotif yang ramah lingkungan dalam hal standar emisi.

Pemerintah beberapa waktu lalu telah menekan peraruran mengenai standar emisi menjadi Euro 4. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan langkah ini merupakan keputusan terbaik untuk kondisi lingkungan yang lebih baik.

"Lingkungan itu sama seperti demokrasi. Kalau ada yang usik banyak yang marah. Keputusan dari Euro II ke Euro IV untuk kondisi lingkungan yang lebih baik," ucap JK dalam sambutannya di pembukaan pameran IIMS 2017, Kamis (27/4/2017).

Wapres juga mengungkapkan kesadaran masyarakat terhadap produk yang ramah lingkungan, dipandang sebagai tantangan terhadap industri otomotif. Saat ini konsumen menginginkan produk yang memenuhi tiga low yakni low cost, low emission dan low price.

"Indonesia diharapkan tidak hanya jadi basis produksi namun juga riset dan teknologi. Agar ke depannya dapat memenuhi permintaan tiga low masyarakat tersebut," ucap JK.

Peraturan standar emisi Euro IV akan mulai diberlakukan September 2018 untuk kendaraan berbahan bakar bensin, dan menyusul dua tahun kemudian untuk mesin diesel.

Meningkatnya standar emisi ini selain berdampak positif pada lingkungan, diharapkan membuat kemudahan industri otomotif Tanah Air mengekspor produknya ke pasar Eropa yang memiliki standar emisi yang lebih ketat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa