Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW Tidak Khawatir Diesel Euro IV

Febri Ardani Saragih - Senin, 10 April 2017 | 18:24 WIB
Generasi ketiga BMW X5 telah dirakit lokal.
Febri Ardani/KompasOtomotif
Generasi ketiga BMW X5 telah dirakit lokal.

Jakarta, Otomania.com – Beda seperti mesin bensin yang akan berlaku tahun depan, regulasi Euro IV untuk mesin diesel akan berlaku pada 2021. Periode cukup panjang memberi waktu buat para produsen terkait menyesuaikan diri.

Salah satu kekhawatiran soal Euro IV untuk mesin diesel yakni ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang cocok. Menurut aturan BBM diesel untuk Euro IV yang memiliki kandungan sulfur maksimal 50 ppm (part per million).

Pihak General Motors (GM) Indonesia sudah mengungkap pendapatnya, Euro IV buat diesel dikatakan membingungkan sebab pemerintah sebelumnya sedang menyosialisasikan biodiesel B20 – B30. Presiden Direktur GM Indonesia Gaurav Gupta, mengatakan, meski B30 tersedia, tidak berkaitan dengan Euro IV.

Baca: Chevrolet Pertanyakan Regulasi Euro IV untuk Diesel di Indonesia

BMW Group Indonesia memiliki kekhawatiran yang sama, meski begitu harapan tinggi diletakan pada Pertamina selaku penyedia BBM di dalam negeri.

“BMW yakin Pertamina pasti mendukung perkembangan dunia otomotif. Tapi mereka sebagai perusahaan tentu punya peritmbangannya. Pertamina dan pemerintah pasti mendukung,” kata Jodie O’tania, Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia, di Jakarta, Rabu (6/4/2017).

Jodie mengatakan saat ini BMW ingin lebih menyadarkan masyarakat soal kendaran diesel. Harga mobil diesel biasanya lebih mahal ketimbang bensin, namun keuntungan buat konsumen mendapat efisiensi nilai ekonomi dari keiritan BBM.

BMW Group Indonesia mulai menjual mobil diesel sejak meluncurkan 320c pada 2013. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa