Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menu Bersihkan Mobil Setelah Libur Panjang

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 7 Juli 2017 | 08:45 WIB
Proses poles sebelum pelapisan coating nano
Otomania/Setyo Adi
Proses poles sebelum pelapisan coating nano


Jakarta, Otomania.com – Libur panjang beberapa waktu lalu membuat pemilik mobil wajib memperhatikan kondisi mobil kesayangan. Beragam kondisi jalan yang dilalui membuat kotoran banyak menempel di bagian-bagian mobil juga kondisi interior yang butuh pembersihan.

Kondisi seperti ini biasanya tidak cukup hanya dengan membersihkan kendaraan dengan mencuci biasa. Kotoran membandel di bagian eksterior dan interion membutuhkan penanganan khusus. Pilihan jatuh pada proses poles dan detailing. Apa saja yang dikerjakan dan manfaatnya untuk mobil?

“Menu membersihkan mobil setelah libur panjang baiknya diberi perawatan menyeluruh. Bisa bersihkan jamur kaca dan poles bodi. Ada juga dengan interior, atau mau paket lengkap yakni poles dan detailing,” ucap Mini dari Detailer Garage MGK Kemayoran saat ditemui Rabu (5/7/2017).

Proses ini akan membersihkan bagian luar dan interior secara menyeluruh mulai dari membersihkan permukaan cat dari aspal sampai kebersihan emblem mobil. Pembersihan jamur pada kaca mobil dilakukan karena kotoran bercampur air dapat mengendap di permukaan kaca dan sulit dihilangkan hingga timbul jamur.

Bagian interior tidak lupa dijamah. Kotoran seperti bekas lumpur, bekas makanan kadang meninggalkan noda di karpet atau jok dengan berbagai bahan. 

"Biasanya yang punya anak-anak, makan di mobil, saus menempel di permukaan jok. Itu sulit hilang. Perlu perlakuan khusus. Mobil dengan bahan premium lebih banyak lagi perawatannya. Interior harus diperiksa teliti agar tidak meninggalkan kotoran sekecil apapun," ucap Mini

Pengerjaan poles dan detail ini dikerjakan dengan perlahan. Biasanya mobil akan ditinggal karena pengerjaannya bisa memakan waktu dua sampai tiga hari kerja tergantung paket yang dipilih. Dana yang disiapkan mulai Rp 2 jutaan sampai Rp 3 jutaan.

"Pemilik mobil yang suka dengan kebersihan itu bisa setahun empat kali melakukan proses poles dan detailing. Kembali lagi tergantung pemilik mobil, tapi setidaknya perawatan besar eksterior dan interior mobil patut dilakukan," ucap Mini.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa