Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Mobil Berkelir Putih pada Musim Hujan

Setyo Adi Nugroho - Senin, 5 Desember 2016 | 09:11 WIB


Jakarta, Otomania - Musim hujan dan kendaraan berwarna putih bagai dua musuh bebuyutan. Musim hujan membuat tampang kendaraan berwarna putih cepat kotor dan tidak enak dipandang.

Bagi pemilik dengan kendaraan berwarna putih ada baiknya mengetahui cara merawat kendaraan di musim hujan. Alasannya, warna putih gampang terlihat kotor setelah digunakan di saat hujan terlebih dengan beragam kotoran yang menempel. Jika kendaraan tidak segera di cuci warna akan kusam dan kehilangan kilaunya.

"Warna putih atau warna terang memang butuh perawatan ekstra. Musim hujan pasti harus lebih sering mencuci kendaraannya. Jika lama dibiarkan warnanya bisa kusam dan kecerahannya berkurang," ucap Viki dari Detailer Garage MGK Kemayoran saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Guna merawat kendaraan berwarna putih atau cerah, perhatian pertama adalah pada kebersihan bodi. Saat mencuci, penggunaan air bersih cukup penting.

Ini berpengaruh nantinya pada kondisi cat kendaraan. Air kotor dapat menimbulkan bercak dan jamur yang mengganggu.

"Gunakan sabun atau sampo khusus mobil. Mereknya bisa dipilih di pasaran asal yang memiliki pH seimbang. Cari yang khusus mobil," ucap Viki.

Lalu perhatikan penggunaan alat untuk mencuci. Cukup gunakan lap karet halus yang tersedia di pasaran. Hindari menggunakan spons karena berpotensi menimbulkan goresan halus pada bodi kendaraan.

Setelah dibersihkan dengan seksama, lap dan keringkan bodi kendaraan dengan lap bersih. Mulai dari bagian atas lalu ke bawah.

"Setelahnya bisa diaplikasikan produk perlindungan cat yang ada di pasaran. Jika tidak mau repot perhatikan tempat parkir kendaraan, jangan terlalu sering di bawah terik matahari. Dan bila kotor setelah digunakan di cuaca hujan, segera bersihkan," ucap Viki

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa