Pemeriksaan Skutik Sehabis Mudik

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 2 Juli 2017 | 10:02 WIB
CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.
Ghulam/Otomania
CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.

Jakarta, Otomania.com – Momen mudik Lebaran telah usai. Para pemudik kembali ke Ibu Kota untuk memulai kembali kegiatan mereka.

Salah satu yang bisa dilakukan setelah mudik terutama yang menggunakan sepeda motor skutik, perlu memeriksakan kondisi motor mereka. Ini agar performa skutik dapat terjaga untuk menempuh kegiatan sehari-hari.

“Perawatan skutik setelah perjalanan jauh adalah pemeriksaan oli, rem dan ban. Tiga komponen itu bisa dicek untuk penggantian,” ucap Agus dari Dairy motor Pondok Bambu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan volume oli dilakukan karena skutik sudah menempuh beragam kondisi jalan, salah satunya macet. Saat macet mesin bekerja lebih keras dan dengan mengganti pelumas baru, kinerja pelumas dapat terjaga saat berhadapan dengan lalu lintas perkotaan.

Sektor pengereman jadi perhatian antara lain kampas rem. Rem sering digunakan apalagi saat kondisi jalan stop and go yang membuat usia rem semakin cepat. Penggantian komponen baru disarankan mengingat pentingnya rem untuk keselamatan berkendara.

Untuk ban, komponen ini dapat berkurang performanya terlebih bila sebelum digunakan mudik tidak melalui pemeriksaan ketebalan tapak. Ban perlu diganti bila sudah terlihat botak agar tidak mencelakakan saat motor membutuhkan cengkreman ke aspal sewaktu hujan.

“Terakhir, bersihkan ruang CVT skutik. Ini sekaligus utuk melakukan pengecekan kondisi komponen di dalam ruang CVT seperti drive pulley di depan, sabuk, karet pulley dan kampas kopling,” ucap Agus.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa