Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Khusus Skutik, Persiapkan Ini Sebelum Mudik

Setyo Adi Nugroho - Senin, 19 Juni 2017 | 09:35 WIB
Pengendara motor mengantre saat akan memasuki kapal feri di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Senin, 13 Juli 2015. Mereka mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.
AP PHOTO / FIRDIA LISNAWATI
Pengendara motor mengantre saat akan memasuki kapal feri di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Senin, 13 Juli 2015. Mereka mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Jakarta, Otomania.com – Momen mudik akan segera dimulai di minggu terakhir Juni atau H-7 sebelum Lebaran. Salah satu moda transportasi yang akan dipilih untuk pulang ke kampung halaman adalah sepeda motor.

Salah satu model yang banyak digunakan adalah motor skutik. Model ini jadi pilihan untuk masyarakat perkotaan dan akan menjadi pilihan untuk perjalanan di musim mudik.

Lantas apa yang perlu dipersiapkan? Siswanto, Safety Riding Instructor Wahana Honda, mengungkapkan persiapan skutik untuk perjalanan panjang ada pada beberapa suku cadang.

“Skutik itu perlu persiapan pada kampas depan dan belakang, vanbelt, serta roller,” ucap Siswanto.

Ketiganya berperan penting. Kampas rem salah satu yang utama sebab komponen ini jadi satu-satunya alat untuk memperlambat laju motor. Bila komponen ini bermasalah di perjalanan tentu akan membahayakan pengendara.

Untuk vanbelt dan roller perlu pengecekan bahkan penggantian sebab berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin ke roda. Kondisi stop and go saat macet membuat komponen ini harus dalam kondisi prima.

“Selain itu penggantian oli juga tidak boleh lupa, pengecekan air radiator bagi motor yang berusia diatas dua tahun. Kondisi lampu depan, belakang dan sein harus baik. Tidak lupa ban depan dan belakang perlu perhatian,” ucap Siswanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa