Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sikap Benar Hadapi Biker Masuk Jalan Tol

Febri Ardani Saragih - Sabtu, 1 Juli 2017 | 10:05 WIB
Biker moge di ruas jalan tol Malaysia.
Donny Apriliananda
Biker moge di ruas jalan tol Malaysia.

Jakarta, Otomania.com – Kelakuan pesepeda motor yang masuk jalan tol, entah disengaja atau tidak, adalah perilaku ilegal. Jika pengemudi mobil yang sedang melintas di jalan tol menemukan peristiwa itu, langkah terbaik adalah menghindar.

Pengemudi mobil, bus, atau truk yang sedang melintas disarankan tetap waspada. Menghindar merupakan pilihan terbaik biar tidak terlibat kecelakaan atau kasus hukum.

Tidak perlu mendekati pesepeda motor atau berusaha menepikannya. Bila terjadi kecelakaan, maka penyelidikan kasus bakal menentukan pelaku dan korban. Pesepeda motor sudah jelas salah masuk ke dalam jalan tol, meski begitu statusnya bisa jadi korban saat terjadi kecelakaan.

“Ini seperti kasus penyebrang yang jalan kaki (di jalan tol), lalu tewas tertabrak. Pengemudi bisa kena hukum sebab menghilangkan nyawa seseorang. Pengemudi harus siap antisipasi, usahakan menghindar jangan sampai kecelakaan,” ujar Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu, Kamis (29/6/2017).

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 44/2009 Tentang Jalan Tol Pasal 38 yang kemudian direvisi oleh Peraturan Pemerintah Nomor 15/2005, pengguna jalan tol adalah pengemudi kendaraan roda empat atau lebih kecuali pada jalan tol yang sudah dilengkapi jalur khusus buat pesepeda motor. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa