Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Guna Lain Oli Mesin

Febri Ardani Saragih - Jumat, 30 Juni 2017 | 08:35 WIB
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil
http://www.jupitergaragesheffield.co.uk
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

Jakarta, Otomania.com – Oli atau pelumas mesin fungsi utamanya menjaga komponen logam agar tidak bergesekan hingga menyebabkan aus. Namun, buat menambah wawasan, ada guna lain pelumas mesin seperti diterangkan pihak WD-40 di Indonesia.

Bila diaplikasikan pada bagian yang berbeda, pelumas mesin mampu melindungi dari karat, membantu kerja perbengkelan, sampai membersihkan kotoran. Berikut daftar guna pelumas mesin selain buat mesin:

Pelindung
Cairan pelumas juga berguna melumasi bagian engsel sepeda motor, seperti pedal kopling. Selain itu, berguna juga melumasi rantai agar rotasinya berjalan lebih lancar.

Penetrasi
Kadang baut terlalu keras untuk dibuka. Cairan pelumas bisa memasuki ke rongga-rongga sangat kecil sekali pun untuk membantu proses pembukaan.

Pada saat tertentu, seperti musim hujan, ada kalanya baut makin sulit dibuka sebab terhalang kotoran yang mengering setelah terbawa air. Cairan pelumas juga bisa membantu.

Anti-karat
Cairan pelumas bisa dioleskan ke bagian logam tertentu yang rentan karat, misalnya rantai atau pelek jari-jari pada motor. Formula anti-karat pada cairan pelumas sanggup menambah ketahanan logam dari korosi.

Pembersih
Bagian luar mesin memiliki bagian-bagian kecil yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Cairan pelumas sanggup menjangkaunya untuk mempermudah proses pembersihan.

Penghilang kelembaban
Cairan pelumas dapat membantu menghilangkan kelembaban yang ada pada busi dan bagian-bagian mesin lainnya untuk mencegah kendaraan mengalami mogok. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa