Kenapa Oli Mobil Lebih Awet Ketimbang Motor?

Febri Ardani Saragih - Selasa, 6 Juni 2017 | 09:25 WIB
Ilustrasi ganti oli
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi ganti oli

Jakarta, Otomania.com – Penggantian oli mesin sepeda motor disarankan pabrikan paling lama 4.000 km, sedangkan untuk mobil bisa sampai 10.000 km. Kenapa ganti oli motor lebih cepat?

Alasannya karena kerja oli mesin motor pada umumnya lebih berat ketimbang mobil. Dari penjelasan Brian Bayu Sukmana, Passanger Diesel Oil Pertamina Lubricants, oli mesin motor bekerja melumasi tiga bagian yaitu internal mesin, girboks, dan kopling. Sedangkan oli pada mesin mobil cuma melumasi internal mesin.

Kerja oli pada mesin motor juga lebih berat sebab dikatakan volumenya yang sedikit, yakni 800cc – 1 liter. Sementara itu pada oli mesin mobil volumenya 3,5 liter – 4 liter.

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil
http://www.jupitergaragesheffield.co.uk
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

“Dari sisi jenuh, tingkat stress oli motor lebih tinggi. Oli motor ini isinya satu liter tapi berputar terus dan ada tiga kerjaan. Kalau pada motor, oli belum sempat dingin tuntas sudah harus kerja lagi,” ucap Brian di Jakarta, Senin (5/56/2017).

Menurut Brian, kualitas oli motor lebih bagus ketimbang mobil. Namun, lama pemakaian oli motor tidak bisa menyamai mobil karena ketahanannya lebih rendah. 


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa