Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daripada Puasa Bengong, Ganti Sendiri Oli Gardan Skutik

Donny Apriliananda - Senin, 29 Mei 2017 | 16:56 WIB
Oli gardan pada skutik.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Oli gardan pada skutik.

Jakarta, Otomania.com – Banyak hal positif mengisi waktu untuk menunggu buka puasa, salah satunya merawat skutik yang kita pakai sehari-hari. Hal yang sering dilupakan adalah penggantian oli transmisi, atau biasa disebut oli gardan. Bagian ini ternyata sangat mudah jika diganti sendiri.

Letak boks oli transmisi biasanya berada di bagian belakang tepatnya di bagian pemutar roda belakang yang mejadi kesatuan dengan area CVT. Pelumas di dalamnya juga perlu diganti secara berkala, karena di dalamnya banyak komponen yang saling bergesekan.

Biasanya, penggantian oli gardan dilakukan tiap 8.000 km. Buat menggantinya, tentu siapkan oli gardan yang biasanya sangat murah, antara Rp 15.000-Rp 20.000 ukuran 120 ml. Siapkan kunci shock (biasanya ukuran 12 mm, tapi ini tergantung sepeda motor masing-masing). Jangan lupa wadah untuk oli bekas dan lap.

Berikut beberaa langkah dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti oli gardan sendiri:

1. Pastikan motor berdiri dengan standar tengah, hal ini untuk memudahkan memutar baut.
2. Untuk beberapa model motor, harus dicek menggunakan lidi, seberapa habis oli gardan. Biasanya pada motor-motor matik Yamaha.
3. Buka baut penutup oli gardan. Pada sebagian motor Honda, baut penutup sama dengan baut pembuangan, letaknya di samping kiri motor bagian boks CVT. Ketika dibuka, oli gardan akan mengucur di situ. Tapi buat merek lain, pada umumnya baut pembuangan ada di bagian bawah boks CVT.
4. Buang oli lama, biarkan mengucur pada wadah penampungan sampai benar-benar bersih.
5. Pasang kembali baut pembuangan hingga kencang agar tidak bocor (untuk sebagian motor-motor Honda (Vario 125 dan 150), karena baut pembuangan dan pengisian sama)
6. Isi kembali dengan oli transmisi pada baut yang tadi dibuka.

Selamat berbuka puasa.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa