Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Lupakan Pelumas Gardan pada Skutik

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 25 Oktober 2016 | 14:24 WIB

Jakarta, Otomania — Sepeda motor yang jauh dari masalah saat digunakan adalah idaman setiap pemilik motor, termasuk pengguna motor skutik. Beragam kondisi jalan yang dilalui membuat skutik perlu mendapatkan perawatan secara berkala.

“Skutik perawatannya cukup sederhana. Paling dasar, utamakan kondisi oli mesin juga oli transmisi atau gardan dalam kondisi optimal,” ucap Ocid, mekanik Yamaha Abadi Motor, Jakarta Selatan, saat ditemui Otomania, beberapa waktu lalu.

Pemilik skutik sudah banyak memahami kebutuhan pelumas untuk mesin dengan mengganti pelumas secara berkala. Menurut Ocid, perhatian justru kurang untuk pelumas transmisi atau gardan.

Padahal, fungsi oli gardan tidak kalah pentingnya dengan oli mesin. Oli gardan berfungsi melancarkan kinerja transmisi otomatis atau komponen CVT. Beragam komponen yang terdapat di CVT membutuhkan pelumas yang tepat karena bergesekan satu sama lain.

“Memang waktunya lebih lama, sekitar 8.000 km sekali. Ini terjadi karena pelumas tidak terkena suhu panas, tidak seperti pada oli mesin. Namun, tetap saja jika tidak diperhatikan membuat skutik terkena masalah,” tambah Ocid.

Tanda oli gardan butuh diganti adalah komponen CVT mulai mengeluarkan suara berisik saat skutik mulai dijalankan. Ini karena komponen mulai bergesekan tanpa pelumas.

“Jangan menunda penggantian. Harga olinya pun tidak terlalu mahal, tetapi manfaatnya untuk kesehatan CVT sangat besar,” ucap Ocid.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa