Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Sistem Pengereman Skutik Honda

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 14 Oktober 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania – Beragam teknologi pendukung keselamatan saat ini disematkan di produk skutik terbaru. Khusus Honda, pada beberapa model skutik seperti Vario dan BeAT, terdapat beberapa teknologi seperti combi brake system (CBS) dan parking-lock brake system.

Kedua fitur tersebut berperan penting dalam sistem pengereman skutik. Seperti bagian sepeda motor lainnya fitur ini juga memerlukan perawatan berkala.

“Setiap pemilik motor bawa ke bengkel resmi pasti komponen ini diperiksa. Akibat pemakaian setiap hari perlu ada perawatan agar kinerjanya maksimal,” ucap Ahmad Amim, mekanik AHASS Bintang Motor, Pondok Bambu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

CBS bekerja dengan menggabungkan rem depan dan belakang dengan hanya menarik tuas rem belakang. Fitur ini menggunakan pengungkit untuk menarik rem belakang dan menekan master rem depan.

Akibat sering bergerak secara rutin, perawatan fitur ini hanya dengan memberi pelumas atau cairan penetran untuk melancarkan gerak. Selain itu penyetelan juga diperlukan apabila tuas rem terasa dalam.

Penyetelan dilakukan dengan mengendurkan mur penghubung kabel CBS. Kemudian setel jarak tuas rem belakang 10-20 mm lalu putar mur sampai tuas rem depan cukup longgar. Pastikan tidak ada celah antara tuas rem depan dengan dudukan rem. Lalu setel kembali tuas rem belakang ke jarak 10-20 mm.

“Untuk sistem parking lock, karena berhubungan dengan rem belakang, maka perawatan hanya pada penyetelan rem. Jika rem terasa jauh, tinggal putar baut pada panel rem hingga memperpendek jarak rem belakang,” ucap Ahmad.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa