Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Aman Menggunakan Angkutan Umum

Aditya Maulana - Selasa, 20 Juni 2017 | 09:35 WIB
Pemudik berangkat dari Pelabuhan Tanjungwangi menuju Sapeken Madura Senin (19/6/2017)
KOMPAS.COM/Ira Rachmawati
Pemudik berangkat dari Pelabuhan Tanjungwangi menuju Sapeken Madura Senin (19/6/2017)

Jakarta, Otomania.com - Masyarakat yang mudik tidak semuanya menggunakan kendaraan pribadi, banyak juga memilih untuk naik angkutan umum. Jenisnya pun beragam, mulai kereta api, bus, pesawat, hingga kapal laut.

Pemudik, yang pulang kampung pakai alat transportasi umum diharapkann tetap hati-hati. Sebab, potensi terjadinya tindak kriminal, seperti pencopetan, jambret, dan lain sebagainya cukup tinggi.

Kepolisian memberikan tips. Paling utama, hindari menggunakan dan memperlihatkan barang berharga di depan umum. Contoh perhiasan, ponsel, dan lain sebagainya.

Jadi, pakailah pakaian yang sopan dan tertutup. Bukan hanya itu, masyarakat juga harus selektif dalam memilih bus, dan sebelum naik ingat dan catat pelat nomor. Bila perlu SMS ke orang terdekat.

Selanjutnya, pastikan mengetahui nomor trayek dan arah tujuan. Hindari tidur di dalam bus, jangan menerima makanan atau minuman dari orang lain yang baru dikenal.

Selalu ingat, bila perlu disimpan dalam ponsel, nomor penting yang bisa dihubungi dalam kondisi darurat. Terakhir, lebih baik ada teman yang mendampingi ketika naik bus AKDP, AKAP, dan lain-lain.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa