Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viar Sudah Kepikiran Motor Roda Tiga Listrik

Febri Ardani Saragih - Jumat, 9 Juni 2017 | 14:49 WIB
Viar Bit 100cc untuk usaha yang lebih kecil.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Viar Bit 100cc untuk usaha yang lebih kecil.

Jakarta, Otomania.com – Merek asal Indonesia Viar yang identik dengan motor roda tiga kini merambah dunia baru dengan motor listrik Q1. Tidak hanya satu model, dalam gambaran besar, era motor listrik ini juga bakal “nyetrum” ke model inti Viar.

Husni Wijaya, General Manager Triangle Motorindo sebagai produsen Viar, mengatakan, di China ada 10 juta motor roda tiga bertenaga listrik. Sama seperti Q1, teknologi buat pengembangannya sudah tersedia.

“Roda tiga suatu saat nanti,” kata Husni, di Jakarta, Rabu (6/6/2017).

Skuter listrik Viar Q1
Febri Ardani/Otomania
Skuter listrik Viar Q1
Namun, Husni sudah mengungkap prediksi kendala dalam pengembangan motor roda tiga listrik, yaitu membuatnya masuk akal untuk pemakaian niaga. Harga jadi hal krusial sebab motor roda tiga kebanyakan dibeli pebisnis yang punya pikiran “kapan balik modal”.

Produsen komponen otomotif global Bosch yang menyuplai sistem gerak buat Q1 dikatakan Husni belum masuk ke model roda tiga. Bosch punya standar kualitas tinggi yang sulit disesuaikan dengna harga murah.

Salah satu peluang motor roda tiga listrik Viar bisa kejadian, jika Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menemukan formula yang pas. Saat ini UGM sedang mengembangkan riset melokalisasi Q1 dengan lebih banyak kandungan lokal dari sekarang hanya 20 persen.

“Ini dulu saja (Q1), satu-satu. Kalau visi ke depan pasti arahnya ke situ. Kami juga mau memberikan solusi untuk usaha,” kata Husni. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa